2 Alasan PSSI Wajib Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

3 Fakta Polemik Kontrak Shin Tae-yong, PSSI Berpotensi Kehilangan 'Rubah Tanah'

snackonasmack.com – Masa depan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia masih menjadi tanda tanya, seiring kontraknya yang akan berakhir pada Juni 2024.

Situasi tersebut membuat Piala Asia U-23 2024 pada April mendatang mungkin akan menjadi turnamen terakhir bagi Shin Tae-yong dalam memimpin Timnas Indonesia.

Meski demikian, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menegaskan siap memperpanjang kontrak Shin Tae-yong apabila juru taktik asal Korea Selatan itu mampu mencapai target yang ditentukan.

Baca juga: Digasak Thailand dan Uzbekistan, Kadek Arel Desak Timnas Indonesia U-20 Berbenah Jelang Piala AFF

Setelah sukses membawa skuad Garuda ke 16 besar Piala Asia 2023, Shin Tae-yong punya satu target lagi yakni meloloskan Timnas Indonesia U-23 ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024.

Terlepas dari berhasil tidaknya Shin Tae-yong mencapai tergat, terdapat setidaknya dua alasan agar PSSI tetap memberi perpanjangan kontrak untuk eks juru taktik Timnas Korea Selatan tersebut.

1. Percaya Pemain Muda

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memimpin tim di Piala Asia 2023 Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]

Shin Tae-yong dengan berani memberikan peluang kepada pemain-pemain muda, sehingga rataan pemain Timnas Indonesia saat tampil di Piala Asia 2023 berada di angka 22,5 tahun.

Para pemain muda bahkan telah menjadi tulang punggung skuad Garuda seperti Justin Hubner (20), Pratama Arhan (22), Rizky Ridho (21), dan Ernando Ari (21). Bahkan, kapten tim, Asnawi Mangkualam, juga masih berusia 24 tahun.

Kesempatan untuk berkembang masih terbuka lebar bagi para pemain ini, dan mereka diharapkan menjadi pilar-pilar utama Timnas Indonesia dalam masa depan.

2. Ganti Pelatih Bukan Solusi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memimpin timnya berlaga di Piala Asia 2023 Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memimpin timnya berlaga di Piala Asia 2023 Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]

Bambang Pamungkas, legenda Timnas Indonesia, menyuarakan ketidaksetujuannya terhadap kemungkinan pergantian Shin Tae-yong dalam waktu dekat.

Berdasarkan pengalamannya, Bambang Pamungkas percaya bahwa pergantian pelatih dalam waktu singkat tidak efektif untuk perkembangan Timnas Indonesia.

Baca juga: Profil Jairo Riedewald, Gelandang Crystal Palace yang Disebut Berminat Bela Timnas Indonesia

“Proses Timnas ini sudah berjalan dengan benar. Oleh karena itu, saya merasa khawatir ketika mendengar suara-suara yang mengusulkan pergantian Shin Tae-yong. Sejujurnya, saya merasa khawatir,” ungkap Bepe dalam wawancara dengan Sport77 Official baru-baru ini.

“Berdasarkan pengalaman saya, mengganti pelatih bukanlah solusi yang tepat. Selama 13 tahun membela tim nasional, saya melihat banyak pergantian pelatih, sekitar 13 orang, dan tidak ada pola yang benar-benar tepat,” tambah Bepe.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

#Alasan #PSSI #Wajib #Perpanjang #Kontrak #Shin #Taeyong #Timnas #Indonesia

Sumber : www.suara.com