3 Hambatan yang Bakal Ditemui Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

3 Hambatan yang Bakal Ditemui Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

snackonasmack.com – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tampaknya bakal menghadapi sejumlah hambatan besar saat membawa para pemainnya menghadapi gelaran Piala Asia U-23 2024.

Sejumlah hambatan ini tak hanya berkaitan dengan aspek internal Timnas Indonesia U-23 saja, tetapi juga berpotensi hadir dari aspek eksternal pada hajatan Piala Asia U-23 2024 yang bakal berlangsung di Qatar.

Pada ajang ini, PSSI memberikan target yang cukup tinggi bagi pelatih asal Korea Selatan itu. Shin Tae-yong diminta mengantarkan skuad Garuda Muda melaju hingga babal perempat final Piala Asia U-23 2024.

Setidaknya, ada sejumlah hambatan yang bakal dihadapi Shin Tae-yong untuk bisa mewujudkan target yang diberikan oleh PSSI. Berikut snackonasmack.com menyajikan penjelasannya.

1. Sulit Panggil Pemain Abroad

Piala Asia U-23 2024 bukanlah kejuaraan yang masuk kalender FIFA. Oleh karena itu, sulit mengharapkan para pemain abroad yang berkarier di luar negeri untuk bisa memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-23.

Padahal, ada banyak pemain keturunan yang berstatus abroad dan sebetulnya bisa menjadi andalan skuad Garuda Muda. Mereka adalah Elkan Baggott, Justin Hubner, Ivar Jenner, hingga Rafael Struick.

Itu belum termasuk dua pemain lokal yang saat ini berkarier di luar negeri, yakni Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan.

2. Lawan Sulit

Timnas Indonesia U-23 tergabung di grup yang sulit pada fase penyisihan. Menghadapi persaingan Grup A, skuad Garuda Muda bakal menghadapi lawan-lawan seperti Qatar, Yordania, hingga Australia.

Qatar jelas menjadi kontestan yang patut diwaspadai karena berstatus sebagai tuan rumah. Sementara itu, Yordania dan Australia menjadi dua tim yang punya status mentereng di Piala Asia U-23.

Sebagai informasi, ketiga lawan yang dihadapi Timnas Indonesia U-23 di grup ini semuanya pernah merebut peringkat ketiga di Piala Asia U-23.

3. Liga 1 Masih Berjalan

Pemanggilan para pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23 menjelang Piala Asia U-23 2024 juga nantinya bakal menghadapi sejumlah hambatan seperti kejuaraan-kejuaraan sebelumnya.
Sebab, gelaran ini dijadwalkan berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei 2024. Padahal, pada saat yang bersamaan, kompetisi sepak bola di Indonesia masih berlangsung.

Sebagai informasi, BRI Liga 1 2023/2024 baru akan selesai pada akhir April 2024. Artinya, ada potensi klub-klub enggan melepas para pemainnya karena harus berjuang untuk mengakhiri kompetisi.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

#Hambatan #yang #Bakal #Ditemui #Shin #Taeyong #dan #Timnas #Indonesia #U23 #Piala #Asia #U23

Sumber : www.suara.com