4 Pemain Timnas Indonesia di Masa Akhir Kontrak Klub Luar Negeri, Siapa Bakal Pulang Kampung ke Liga 1 Indonesia?

Shayne Pattynama Akui Kondisinya Bugar, Pratama Arhan Tergusur dari Starter Timnas Indonesia?

snackonasmack.com – Pada masa mendatang, beberapa pemain Timnas Indonesia yang sedang meniti karier di luar negeri akan menghadapi akhir kontrak mereka. Pertanyaannya, apakah mereka akan memilih untuk kembali ke tanah air seperti yang dilakukan oleh Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri?

Egy, yang awalnya belum memiliki pengalaman bermain di level profesional saat bergabung dengan Lechia Gdansk pada musim 2018/2019, telah menjalani perjalanan yang cukup berliku.

Setelah kesulitan mendapatkan menit bermain di Lechia Gdansk, Egy melangkah ke FK Senica dan Zlate Moravce sebelum akhirnya membela Dewa United.

Witan Sulaeman, sebelum merantau ke Eropa, pernah mengasah kemampuannya di PSIM Yogyakarta di Liga 2.

Setelah pindah ke Eropa, pemain berusia 22 tahun itu meniti karier di klub-klub seperti Radnik Surdulika, Lechia Gdansk, FK Senica, dan AS Trencin.

Pada Januari 2023, Witan memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan bergabung dengan Persija Jakarta.

Berikut ini 4 pemain Timnas Indonesia di ujung akhir kontrak dengan klub luar negeri:

1. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama, yang bermain untuk Viking FK, akan segera mengakhiri masa baktinya di Norwegia dengan kontrak yang habis pada akhir 2023.

Finis di posisi keempat klasemen Liga Utama Norwegia 2023, Shayne hanya absen dua kali dari 30 pertandingan yang dimainkan Viking FK.

Dengan status free transfer, Shayne Pattynama diyakini akan melanjutkan karier di Eropa, menerima tawaran menarik dari klub di Belanda.

2. Pratama Arhan

Tokyo Verdy telah mengalami musim luar biasa di J1 League 2023, berhasil meraih tiket promosi ke kasta tertinggi.

Namun, Pratama Arhan, yang sebelumnya bermain untuk PSIS Semarang, sepertinya tidak akan melanjutkan perjalanannya bersama Tokyo Verdy.

Kontraknya akan berakhir pada 31 Desember 2023, tanpa adanya tawaran kontrak baru.

3. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam telah memasuki musim ketiganya di Korea Selatan dengan penampilan yang mengesankan bersama Jeonnam Dragons, membawa klub tersebut finis di posisi ketujuh K2 League 2023.

Kontrak Asnawi dengan Jeonnam Dragons akan berakhir pada Desember 2023, namun, masa depannya masih menjadi tanda tanya. Evaluasi dari beberapa pelatih mencakup pujian dan kritik terhadap performa Asnawi, termasuk kekecewaan atas dua kartu merah yang diterimanya.

4. Rafael Struick

Berbeda dari ketiga pemain sebelumnya, Rafael Struick memiliki kontrak yang masih berlangsung hingga 30 Juni 2024 bersama ADO Den Haag.

Meskipun masih berusia 20 tahun, peluang untuk mendapatkan kontrak baru cukup terbuka, terutama jika ADO Den Haag berhasil promosi ke Eredivisie.

#Pemain #Timnas #Indonesia #Masa #Akhir #Kontrak #Klub #Luar #Negeri #Siapa #Bakal #Pulang #Kampung #Liga #Indonesia

Sumber : www.suara.com