Alasan Kontrak STY Belum Tentu Diperpanjang Meski Bawa Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023

Alasan Kontrak STY Belum Tentu Diperpanjang Meski Bawa Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Kontrak Shin Tae-yong (STY) sebagai pelatih Timnas Indonesia belum tentu diperpanjang kendati berhasil membawa skuad Garuda mencapai target di Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong mengukir sejarah sebagai pelatih pertama yang berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke fase gugur Piala Asia.

Juru taktik asal Korea Selatan itu memimpin Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berjuang di Grup D untuk bersaing dengan Jepang, Irak dan Vietnam.

Baca juga: 2 Komentar Menarik Pelatih Jepang Usai Taklukkan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Hasilnya, Timnas Indonesia berhasil meraih satu kemenangan atas Vietnam (1-0), dan dua kali kalah yakni dari Irak dan Jepang dengan skor identik 1-3.

Perolehan tiga poin nyatanya sudah cukup bagi skuad Garuda untuk lolos ke 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik menyusul kegagalan Oman mengalahkan Kirgistan di Grup F.

Pasca mencapai target PSSI yakni lolos ke 16 besar Piala Asia 2023, pembahasan terkait perpanjangan kontraknya pun mengemuka.

Skuat Timnas Indonesia di laga melawan Jepang (pssi.org)

Sebagai informasi, kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia akan rampung pada Juni 2024 dan PSSI sempat berjanji bakal memberi perpanjangan andai Timnas Indonesia mampu menunjukkan hasil baik di tahun ini.

Kini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir buka suara. Dia menyebut kontrak Shin Tae-yong belum tentu diperpanjang. PSSI masih ingin melihat kinerja sang pelatih di Piala Asia U-23 2024 Qatar yang akan bergulir dari 15 April hingga 3 Mei mendatang.

Hal ini dikatakan Erick karena kesepakatan perpanjangan kontrak dengan STY disepakati setelah sang pelatih berhasil membawa dua level timnas yang berlaga di Piala Asia tahun ini masuk ke babak gugur.

Baca juga: WAGs Timnas Indonesia Beri Dukungan Langsung ke Qatar, Netizen Heboh

“Ada dua waktu itu, satu target daripada tim nasional senior lolos 16 besar, lalu juga untuk U-23 sama,” kata Erick Thohir dikutip dari Antara, Sabtu (27/1/2024).

“Jadi masih ada PR tambahan gitu dan sama-sama kita jaga profesionalisme.”

Terkait babak 16 besar Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sudah ditunggu Australia. Erick berharap Shin Tae-yong dapat memimpin Garuda memberi perlawanan terhadap lawan yang di atas kertas jauh lebih tangguh itu.

“Permainannya [Australia] berbeda dengan Jepang, dengan Korea Selatan dan kita juga banyak sekarang pemain yang sudah berlaga di Liga Inggris ataupun di Liga Belanda mungkin secara pertandingan lebih bisa saling mengimbangi gitu,” kata Erick Thohir.

#Alasan #Kontrak #STY #Belum #Tentu #Diperpanjang #Meski #Bawa #Timnas #Indonesia #Besar #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com