Alasan Shin Tae-yong Mau Jadi Penasihat klub Korea Seongnam FC, Persiapan ‘Pensiun’ dari Timnas Indonesia?

Alasan Shin Tae-yong Mau Jadi Penasihat klub Korea Seongnam FC, Persiapan 'Pensiun' dari Timnas Indonesia?

snackonasmack.com – Klub Korea Selatan, Seongnam FC telah mengumumkan penunjukan resmi Shin Tae-Yong sebagai salah satu anggota komite penasihat klub.

Keputusan ini muncul ketika kontrak Shin Tae-Yong dengan Timnas Indonesia mendekati akhirnya.

Dalam pengumuman yang dibuat pada Jumat (27/10/2023), klub Liga 2 Korea Selatan ini menunjuknya sebagai anggota komite penasihat divisi manajemen pemain.

Shin Tae-Yong, yang akrab disapa STY, akan bergabung dengan tiga anggota komite penasihat lainnya.

Mereka adalah Dr. Shin Dong-Eun yang bertanggung jawab atas divisi kedokteran olahraga, Profesor Kim Jeong-Man yang akan fokus pada divisi kerjasama eksternal, dan Oh Sinan yang akan menangani divisi hubungan masyarakat dan pemasaran.

Setelah menerima jabatan barunya di Seongnam FC, Shin Tae-Yong menyampaikan rasa terima kasihnya kepada klub tersebut.

Eks pelatih Timnas Korea Selatan ini berkomitmen untuk berkontribusi pada pengembangan pemain klub dengan nasihat-nasihat yang akan menginspirasi.

“Saya selalu memikirkan Seongnam FC sejak masa saya di Seongnam Ilhwa, dan saya berterima kasih kepada pemilik karena mengizinkan saya membantu tim, klub. Saya akan memberikan nasihat yang akan membantu praktis dalam mengelola tim klub,” kata Shin Tae-Yong.

Meskipun menjadi pertanyaan apakah penunjukan Shin Tae-Yong di Seongnam FC terkait dengan berakhirnya kontraknya dengan Timnas Indonesia, dalam pernyataannya, pelatih berusia 53 tahun ini tidak menjelaskan alasan khusus mengapa ia menerima tawaran dari klub Korea Selatan tersebut.

Namun, yang pasti, Shin Tae-Yong adalah salah satu legenda Seongnam FC. Selama kariernya sebagai pemain, ia setia membela klub berjuluk “The Magpies” dari tahun 1992 hingga 2004. Setelah beralih menjadi pelatih, dia memimpin Seongnam FC pada periode 2008–2012.

Keberhasilan terbesarnya adalah ketika ia membawa Seongnam FC meraih gelar juara Liga Champions Asia pada tahun 2010. Meskipun setelah kepergiannya, klub ini belum berhasil kembali ke kasta tertinggi Liga Korea Selatan dan saat ini berjuang di divisi kedua.

Terkait masa depannya di Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong awalnya memiliki kontrak hingga 31 Desember 2023. Namun, ia telah mengumumkan niatnya untuk memperpanjang masa baktinya bersama skuad Garuda.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga telah mengonfirmasi bahwa Shin Tae-Yong akan memperpanjang kontraknya hingga Juni 2024. Keputusan ini diambil karena pada periode Oktober 2023 hingga Juni 2024, Timnas Indonesia akan berpartisipasi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan Piala Asia 2023.

#Alasan #Shin #Taeyong #Mau #Jadi #Penasihat #klub #Korea #Seongnam #Persiapan #Pensiun #dari #Timnas #Indonesia

Sumber : www.suara.com