Alasan Yordania vs Bahrain dan Kirgistan vs Oman Jadi Penentu Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Remehkan Pratama Arhan, Kiper Jepang Justru Kebobolan Lewat Skema Lemparan ke Dalam Timnas Indonesia

snackonasmack.com – Dalam sesi pertandingan terakhir fase grup Piala Asia 2023, empat pertandingan menarik akan berlangsung hari ini, Kamis, 25 Januari 2024. Informasi lengkap mengenai jadwal pertandingan dapat Anda temukan di bagian akhir artikel ini.

Pertempuran sengit akan terjadi di Grup E, di mana Korea Selatan akan berhadapan dengan Malaysia pada pukul 18.30 WIB.

Sementara itu, Yordania akan menghadapi Bahrain pada waktu yang sama. Di Grup F, pertandingan seru antara Arab Saudi dan Thailand akan dimulai pukul 22.00 WIB, sedangkan Kirgistan akan berduel dengan Oman pada jam yang sama.

BACA JUGA: Detik-detik Blunder Jordi Amat Hingga Timnas Indonesia Babak Belur Melawan Jepang di Piala Asia 2023

Dua pertandingan krusial di Grup E hari ini, yakni Korea Selatan vs Malaysia dan Yordania vs Bahrain, memiliki dampak signifikan terhadap nasib Timnas Indonesia dalam meraih tiket menuju babak 16 besar Piala Asia 2023.

Di Grup F, fokus tertuju pada pertarungan sengit antara Arab Saudi dan Thailand serta Kirgistan dan Oman.

Timnas Indonesia masih memiliki peluang besar untuk melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Saat ini, dua tim yang telah memastikan tempat tersebut adalah Suriah dari Grup B dan Palestina dari Grup C, keduanya mengumpulkan empat angka. Oleh karena itu, Timnas Indonesia berkesempatan merebut satu dari dua slot tersisa.

BACA JUGA: Kontrak Shin Tae-yong Tak Diperpanjang Usai Timnas Indonesia Dikalahkan Jepang? Ini kata Exco PSSI

Perhitungan rumit menyatakan bahwa untuk memastikan langkah ke babak selanjutnya, Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan Yordania dengan selisih tiga gol atas Bahrain, dan pada saat yang bersamaan, pertandingan lainnya antara Oman dan Kirgistan harus berakhir imbang.

Dengan begitu, harapannya terletak pada hasil pertandingan yang berimbang dan kemenangan telak untuk mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023. Tetap pantau update terkini untuk melihat perkembangan terbaru dan hasil pertandingan yang menentukan hari ini.

Hitung peluang Timnas Indonesia

Meski dibungkam Jepang, Timnas Indonesia masih berpeluang melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023 alias mengukir sejarah untuk kali pertama tampil di fase tersebut.

Secara matematis, posisi Timnas Indonesia masih bisa digeser oleh dua tim dari Grup F yakni Oman dan Kirgistan yang akan saling bertemu dalam matchday terakhir mereka.

Oman saat ini menduduki urutan keenam peringkat tiga terbaik dengan koleksi satu poin, jumlah gol 1 dan selisih gol -1.

Sementara Kirgistan saat ini menduduki urutan buncit Grup F dengan koleksi nol poin, nol gol dan selisih gol -4.

Namun selain bergantung hasil dua tim tersebut, nasib Timnas Indonesia juga bisa dipengaruhi matchday terakhir Grup E antara Bahrain vs Yordania.

Bahrain saat ini menduduki urutan ketiga dalam klasemen peringkat tiga terbaik. Mereka punya poin setara Timnas Indonesia tetapi unggul selisih gol (-1).

Melihat peta persaingan klasemen peringkat tiga terbaik, setidaknya terdapat tiga skenario agar Timnas Indonesia bisa lolos ke 16 besar.

Pertama, duel Oman melawan Kirgistan berakhir imbang. Hasil itu akan membuat kedua negara masing-masing cuma mengoleksi dua dan satu poin, sehingga tak mungkin mengangkangi Timnas Indonesia di klasemen peringkat tiga terbaik.

Kedua, Kirgistan berhasil menang atas Oman tetapi tim berjuluk The White Falcons tidak mencetak lebih dari satu gol.

Sementara skenario ketiga adalah Bahrain dikalahkan oleh Yordania dengan skor 0-2 atau lebih. Andai mampu mencetak gol, Bahrain harus kalah dengan margin setidaknya tiga gol.

#Alasan #Yordania #Bahrain #dan #Kirgistan #Oman #Jadi #Penentu #Timnas #Indonesia #Babak #Besar #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com