Analisis Video Tak Cukup Hentikan Jepang!

Analisis Video Tak Cukup Hentikan Jepang!

snackonasmack.com – Thailand memperingatkan calon lawan Jepang di Piala Asia 2023 termasuk Timnas Indonesia setelah mereka dibantai Samurai Biru dengan skor telak 5-0 pada laga uji coba Senin (1/1/2024).

Pelatih Thailand, Masatada Ishii menilai Jepang merupakan tim Asia yang sangat kuat. Bahkan, tim Gajah Perang yang dominan di ASEAN disebut tidak ada apa-apanya dengan negara Asia Timur itu.

Ishii mengakui telah menyaksikan penampilan Timnas Jepang melalui layar kaca. Dia melakukan analisis dan menyimpulkan seberapa kuatnya tim asuhan Hajime Moriyasu itu.

Namun, setelah memimpin langsung Thailand menghadapi Jepang, Ishii baru menyadari seberapa besar jurang kualitas antara timnya dengan negara peraih empat gelar Piala Asia itu.

Seakan memperingatkan calon lawan Jepang termasuk Timnas Indonesia, Ishii menjelaskan kesannya bahwa performa Samurai Biru jauh lebih ganas di lapangan dibanding ketika dirinya cuma menyaksikan dari televisi.

Para pemain Timnas Jepang. [PAUL MILLER / AFP]

“Saya telah menonton timnas Jepang di TV, tetapi ketika saya melihatnya di lapangan, saya bisa merasakan betapa cepat dan presisinya permainan mereka,” kata Ishii dikutip dari laman resmi JFA, Selasa (2/1/2024).

“Dan saya sadar betapa jauhnya perbedaan kami dengan mereka (Jepang),” tegasnya.

Timnas Jepang merupakan kandidat kuat juara Piala Asia 2023. Mereka saat ini menduduki peringkat 17 dalam Ranking FIFA alias menjadi tim berperingkat tertinggi di Asia.

Di Piala Asia 2023, Jepang tergabung di Grup D bersama Irak, Vietnam dan Timnas Indonesia. Di atas kertas, mereka jadi yang paling diunggulkan untuk lolos ke babak 16 besar.

Kekuatan Jepang begitu superior merujuk fakta bahwa saat membantai Thailand, Hajime Moriyasu belum menurunkan kekuatan penuh.

Para pemain andalan yang berkarier di Eropa tidak semuanya sudah hadir termasuk Wataru Endo (Liverpool) dan Takefusa Kubo (Real Sociedad).

Artinya, kekuatan asli Jepang belum benar-benar terlihat saat mengalahkan Thailand. Dengan diperkuat para pemain top dunia, bukan tak mungkin Samurai Biru bisa tampil lebih ganas lagi di Piala Asia 2023.

Merujuk jadwal, Jepang akan menghadapi Timnas Indonesia dalam matchday ketiga Grup D pada 24 Januari 2024 di Al Thumama Stadium, Doha.

#Analisis #Video #Tak #Cukup #Hentikan #Jepang

Sumber : www.suara.com