Bukan Lawan Mudah, Libya Jadi Ujian Bagus buat Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023

Bukan Lawan Mudah, Libya Jadi Ujian Bagus buat Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Timnas Libya disebut bisa jadi ujian yang bagus dan ideal untuk Timnas Indonesia jelang bertempur di Piala Asia 2023. Timnas Indonesia akan menjajal kekuatan Libya pada laga uji coba jelang Piala Asia.

Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi negara Afrika, Libya sebanyak dua kali dalam laga uji coba pada 2 dan 5 Januari 2024.

Pertandingan persahabatan itu masuk dalam rangkaian agenda pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Antalya, Turki, sebagai persiapan jelang tampil di Piala Asia 2023 Qatar.

Kemudian, skuad Garuda asuhan pelatih Shin Tae-yong akan bertolak ke Qatar pada 6 Januari 2024, sebelum menjajal kekuatan Iran pada laga uji coba 9 Desember.

Itu semua merupakan persiapan sebelum Timnas Indonesia melakoni laga pertama Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak pada 15 Januari 2024 di Al Rayyan, Qatar. Grup D sendiri juga dihuni Vietnam dan Jepang.

Untuk uji coba terdekat, pandit sepak bola Tanah Air, Ronny Pangemanan, menilai bahwa Libya merupakan tim yang kuat. Tim Afrika Utara itu akan jadi lawan yang sangat bagus buat Timnas Indonesia.

“Libya punya pemain-pemain bagus. Ada sejumlah pemain mereka yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Timnas Indonesia harus gembira karena mendapat lawan yang kuat, ujian yang bagus jelang Piala Asia,” kata pria yang akrab disapa Bung Ropan itu di podcast Sportify Indonesia, Sabtu (30/12).

“Mereka juga punya kemampuan build-up yang sangat bagus,” ungkap pengamat senior itu.

Bagusnya kualitas Libya juga terlihat dari ranking FIFA negara tersebut. Saat ini, mereka berada di peringkat ke-120, cukup jauh di atas peringkat Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia melakoni pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki sebagai persiapan jelang tampil di Piala Asia 2023. [dok. PSSI]

“Sementara saat ini, Indonesia berada di posisi 146. Ini artinya, mereka 26 posisi lebih tinggi dibanding Indonesia,” tutur Ropan.

Ropan menyebut bahwa tim pelatih Timnas Indonesia sudah mengambil langkah tepat untuk menyiapkan timnya menghadapi Libya. Mereka sudah mengantisipasi kemungkinan harus bekerja keras pada laga uji coba tersebut.

“Timnas Indonesia pasti harus bekerja keras dalam laga ini. Libya yang dihadapi bukan tim sembarangan, jangan dianggap remeh,” tutur Ropan.

“Karenanya, kita perlu fisik dan mental yang sangat bagus. Inilah yang disiapkan tim pelatih.”

“Meski cuma uji coba atau laga persahabatan, saya kira Timnas Indonesia harus meraih hasil bagus (lawan Libya). Ini demi menjaga kepercayaan diri sebelum tampil di putaran final Piala Asia di Qatar,” tandasnya.

#Bukan #Lawan #Mudah #Libya #Jadi #Ujian #Bagus #buat #Timnas #Indonesia #Jelang #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com