Daftar Pemain hingga Pelatih, Lawan Timnas Indonesia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Daftar Pemain hingga Pelatih, Lawan Timnas Indonesia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Mengenal lebih jauh Timnas Australia, salah satu kandidat juara yang akan jadi lawan Timnas Indonesia pada babak 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sudah ditunggu lawan berat, yakni Australia, usai memastikan tiket kelolosan ke babak 16 besar Piala Asia 2023 pada Kamis (25/1) malam WIB.

Bakal bertemunya skuad Garuda dengan tim berjuluk Socceroos itu dipastikan karena peringkat keduanya di klasemen fase grup.

Australia sendiri berstatus juara grup B dengan raihan tujuh poin. Sedangkan Timnas Indonesia berstatus peringkat ketiga grup D dengan raihan tiga poin.

Adapun duel antara Australia vs Indonesia sendiri dijadwalkan akan digelar pada hari Minggu (28/1) yang menjadi laga pembuka babak 16 besar Piala Asia 2023.

Jika melihat sejarah pertemuannya, baik Timnas Indonesia dan Australia sendiri sejatinya kerap bertemu baik di level senior dan kelompok umur.

Di level senior, pertemuan terakhir keduanya terjadi pada 2010 lalu, di mana Timnas Indonesia hanya kalah tipis 0-1 dari Australia.

Sebelum itu, Timnas Indonesia bahkan pernah menahan imbang dan bahkan menang atas Australia. Sehingga skuad Garuda pun kini diliputi optimisme tinggi.

Hanya saja, saat ini Australia dikenal sebagai salah satu kekuatan Asia yang tak bisa dipandang remeh. Lantas, bagaimana dengan profil dari Socceroos sendiri?

Salah Satu Raja Asia

Sejak bergabung Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada 2005, Australia dikenal sebagai salah satu raja di Asia, terutama di ajang Piala Asia.

Piala Asia perdana yang diikuti Australia yakni Piala Asia 2007. Pada edisi tersebut, Socceroos mampu menembus babak perempatfinal.

Lalu pada Piala Asia 2011 di Qatar, Australia menahbiskan diri sebagai salah satu kekuatan Asia kala berhasil menjadi Runner Up di edisi tersebut.

Terlebih pada Piala Asia edisi 2015 yang digelar di negaranya sendiri, Australia secara perkasa berhasil merengkuh gelar juara.

Jika dihitung dengan edisi 2023 ini, pencapaian terburuk Australia di kancah Piala Asia hanyalah mencapai babak perempatfinal saja yakni pada edisi 2007 dan 2019.

Tak ayal dengan sejarah yang baru seumur jagung tapi mentereng itu, Timnas Indonesia diharapkan tak terlalu larut dalam euforia dan menganggap enteng Australia di 16 besar Piala Asia 2023.

Pelatih: Graham Arnold

Di Piala Asia 2023 ini, Australia ditukangi oleh pelatih kenamaan, yakni Graham Arnold. Namanya sendiri tak begitu asing bagi Socceroos.

Selain karena berstatus pelatih lokal, Graham Arnold sempat menjadi asisten pelatih Timnas Australia pada 2000-2006 dan 2008-2010.

Bahkan ia sempat menjadi Caretaker atau pelatih sementara Australia pada 2006-2007, serta menjadi pelatih untuk Timnas U-23 negaranya pada 2007-2008 serta 2018-2021.

Sedangkan di level klub, Graham Arnold pernah menukangi klub-klub Australia seperti Sydney FC, Northern Spirit, dan Central Coast Mariners serta menukangi klub Jepang yakni Vegalta Sendai.

Dalam karier kepelatihannya di level klub, Graham Arnold kerap menyabet gelar juara. Bahkan ia mampu membawa Australia mencetak rekor sebagai negara pertama yang tampil di Piala Dunia dengan 11 kemenangan beruntun di babak kualifikasi.

Daftar Pemain Australia di Piala Asia 2023:

Kiper:
– Matthew Ryan
– Lawrence Thomas
– Joe Gauci

Bek:
– Thomas Deng
– Nathaniel Atkinson
– Kye Rowles
– Jordan Bos
– Aziz Behich
– Harry Souttar
– Lewis Miller
– Cameron Burgess
– Gethin Jones

Gelandang:
– Connor Metcalfe
– Aiden O’Neill
– Riley McGree
– Keanu Baccus
– Jackson Irvine
– Patrick Yazbek

Penyerang:
– Martin Boyle
– Samuel Silvera
– Bruno Fornaroli
– Kusini Yengi
– Marco Tilio
– Mitchell Duke
– Craig Goodwin
– John Iredale

Kontributor: Felix Indra Jaya

#Daftar #Pemain #hingga #Pelatih #Lawan #Timnas #Indonesia #Babak #Besar #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com