Deretan Bintang ‘Lokal’ yang Mungkin Tak Dipanggil Shin tae-yong di Piala Asia 2023

Deretan Bintang 'Lokal' yang Mungkin Tak Dipanggil Shin tae-yong di Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Jelang Piala Asia 2023 sederet pemain berstatus bintang ‘lokal’ terancam tidak akan dipanggil Shin Tae-yong memperkuat Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia rencananya akan diperkuat 23 pemain untuk Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong dalam tantangan besar pada edisi kali ini.

Awalnya 50 pemain dipanggil untuk masuk skuad Garuda, namun semakin dikerucutkan hingga hanya 23 nama yang dipertahankan Shin Tae-yong.

Para pemain abroad diprediksi bakal jadi sosok yang diprioritaskan pelatih asal Korea Selatan itu untuk berada di dalam skuadnya.

Hal ini memungkinkan sederet bintang lokal yang berkompetisi di Liga 1 bakal tersingkir atau sama sekali tak dilirik Shin Tae-yong.

Setidaknya ada 7 pemain berstatus bintang lokal yang bakal tersisih jelang Piala Asia 2023? berikut ini di antaranya.

1. Fachruddin Aryanto (Bek Tengah)

Performa Fachruddin Aryanto di Liga 1 2023 bersama Madura United tidak buruk, bahkan sempat membawa Laskar Sapee Kerab memuncaki klasemen sementara.

Sayangnya deretan bek yang berkarier abroad bakal jadi pilihan utama Shin Tae-yong, seperti Jordi Amat, Elkan Baggott bahkan Jay Idzes dan Si Hulk, Wahyu Prasetyo.

2. Alfeandra Dewangga (Gelandang Bertahan/Bek Tengah)

Dewangga sejatinya termasuk pemain versatile sebagai gelandang dan bek tengah, namun sosoknya seperti tak dilirik Shin Tae-yong.

Meski performanya terbilang layak untuk dipanggil, namun menumpukknya stok bek dan gelandang Timnas Indonesia membuatnya bisa dibilang kalah saing.

3. Egy Maulana Vikri (Winger/Second Striker)

Egy Maulana sebenarnya banyak mendapat kesempatan bermain untuk Timnas Indonesia, termasuk di FIFA Matchday dan Asian Games 2023 lalu.

Sayangnya performa Egy tak kunjung mengalami peningkatan, sosoknya pun diyakini bakal tergusur dari Timnas Indonesia dan tidak dipakai untuk Piala Asia 2023.

4. Adam Alis (Gelandang Tengah/Bertahan)

Sempat diberi menit bermain kembali saat Timnas Indonesia bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak beberapa waktu yang lalu.

Namun performa Adam Alis tak sesuai harapan, meski tampil gacor di level klub bersama Borneo FC di Liga 1 2023.

5. Edo Febriansyah (Bek Kiri/Winger Kiri)

Menumpuknya stok bek kiri Timnas Indonesia membuat nama Edo Febriansyah tersisih, apalagi jika bertambah pemain naturalisasi.

Timnas Indonesia setidaknya memiliki 3 bek kiri yang diprediksi bakal dibawa ke Piala Asia 2023, di antaranya Pratama Arhan, Shayne Pattynama dan Nathan Tjoe-A-On.

6. Stefano Lilipaly (Winger/Second Striker)

Pemanggilan Stefano Lilipaly sempat jadi polemik, meski kariernya cemerlang di level klub bersama Borneo FC.

Sayangnya sosoknya tidak dibutuhkan di skuad Garuda, namanya pun terancam diabaikan di Piala Asia 2023.

Kontributor: Eko

#Deretan #Bintang #Lokal #yang #Mungkin #Tak #Dipanggil #Shin #taeyong #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com