Filipina Wajib Diwaspadai di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Klaim Sudah Kantongi Kekuatan Timnas Indonesia

Filipina Wajib Diwaspadai di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Klaim Sudah Kantongi Kekuatan Timnas Indonesia

snackonasmack.com – Pelatih Timnas Filipina,  Michael Weiss mengklaim sudah mengantongi kekuatan Timnas Indonesia jelang bersua di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Ini boleh jadi merupakan ‘psywar’ jelang kedua tim berjibaku di jeda internasional November nanti.

Timnas Filipina merupakan salah satu lawan Timnas Indonesia di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F.

Pertemuan pertama Filipina vs Indonesia bakal tersaji di Manila pada 21 November 2023.

Filipina sendiri layak pede menantang Timnas Indonesia dengan Weiss sebagai pelatih. Betapa tidak, Weiss merupakan sosok berpengalaman yang sudah berkarier di sepak bola Asia Tenggara sejak 2011 silam, sedangkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong baru tiba di Tanah Air delapan tahun setelahnya.

Weiss sudah menangani Timnas Filipina pada periode 2011 hingga 2014 silam. Pelatih berusia 58 tahun itu kemudian melanglang buana ke berbagai tim di berbagai penjuru dunia, dari mulai Otelul Galati (Rumania), Vital’O FC (Burundi) dan Timnas Mongolia.

Weiss kemudian menjadi pelatih Timnas Laos pada awal 2022. Layaknya Shin Tae-yong, Weiss juga menangani Timnas Laos di level senior dan juga junior.

Bersama Laos, Weiss menghadirkan berbagai kejutan. Dia membawa Laos U-23 melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2022.

Weiss juga membawa Laos U-19 finis sebagai runner-up Piala AFF U-19 2022, di mana saat itu Indonesia menjadi tuan rumah.

Masa bakti Weiss bersama Laos berlangsung hingga Juni 2023 silam, tepatnya sebulan setelah bergulirnya SEA Games 2023.

Di bulan yang sama, Weiss kembali ditunjuk sebagai pelatih Timnas Filipina untuk periode kedua. Kiprah Weiss yang sudah berkarier di sepak bola Asia Tenggara sejak silam membuat dirinya bisa dibilang sedikit lebih unggul dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Weiss mengungguli Shin Tae-yong dalam hal pengalaman dan pemahaman sepakbola Asia Tenggara. Bahkan pada Piala AFF U-19 2022 lalu, pelatih berusia 58 tahun itu mengaku sudah paham betul peta kekuatan Timnas Indonesia, baik kelompok umur maupun senior.

“Saya sudah mengenal Indonesia karena saya pernah menangani Filipina juga,” kata Weiss beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Makan Bola, Senin (23/10).

Bek Timnas Filipina, Carli De Murga juga mengakui bahwa sang pelatih sudah memahami betul kekuatan dan kelemahan Timnas Indonesia.

“Saya rasa itu positif bahwa dia (Weiss) cukup paham Timnas Indonesia. Karena dia bisa memberi kami saran dan strategi yang benar, dan juga taktik untuk memainkan performa terbaik,” ujar De Murga.

#Filipina #Wajib #Diwaspadai #Kualifikasi #Piala #Dunia #Klaim #Sudah #Kantongi #Kekuatan #Timnas #Indonesia

Sumber : www.suara.com