Gaji Murah Hussein Ammouta, Pelatih yang Bawa Yordania ke Final Piala Asia 2023

Gaji Murah Hussein Ammouta, Pelatih yang Bawa Yordania ke Final Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Mengupas bayaran atau gaji yang diterima oleh Hussein Ammouta sebagai pelatih, usai membawa Yordania ke final Piala Asia 2023.

Hussein Ammouta tengah menjadi perbincangan khalayak ramai pasca membawa Yordania mengukir sejarah untuk pertama kalinya menembus final Piala Asia 2023.

Sejarah ini tercipta usai tim berjuluk The Chilavrous itu mampu mengalahkan salah satu kandidat kuat juara Piala Asia 2023, Korea Selatan, di semifinal pada Selasa (6/2) kemarin.

Di babak semifinal tersebut, Yordania mampu menumbangkan Korea Selatan dengan skor 2-0 lewat gol yang dicetak Yazan Al-Naimat di menit ke-53 dan Musa Al-Taamari di menit ke-66.

Di laga tersebut pula, Hussein Ammouta mampu menerapkan taktik yang apik dan membuat Korea Selatan yang dibesut Jurgen Klinsmann mati kutu sepanjang laga.

Tercatat, Korea Selatan tak mampu melepaskan tembakan ke gawang sekalipun dari total delapan tembakan yang tercipta di laga tersebut.

Karenanya, nama Hussein Ammouta pun dielu-elukan banyak pihak, tak hanya masyarakat Yordania saja, melainkan juga seluruh pecinta sepak bola di Asia.

Pencapaiannya bersama Yordania pun membuat banyak orang takjub, mengingat Hussein Ammouta tak punya nama besar layaknya Jurgen Klinsmann di Korea Selatan.

Apalagi soal bayaran atau gaji yang diterimanya. Kira-kira, berapa gaji Hussein Ammouta dalam profesinya sebagai pelatih Yordania?

3 Kali Lipat Lebih Murah dari Gaji Jurgen Klinsmann

Jika menilik dari statusnya, Hussein Ammouta selaku pelatih Yordania tak punya rekam jejak dan nama besar seperti halnya Jurgen Klinsmann sebagai pelatih Korea Selatan.

Karenanya, bayaran atau gaji yang diterima keduanya pun berbeda jauh. Bila dibandingkan, gaji Hussein Ammouta hampir tiga kali lipat lebih murah dari gaji yang diterima Jurgen Klinsmann.

Tercatat, Jurgen Klinsmann menerima bayaran sebesar 2,1 juta dolar AS per tahunnya sebagai pelatih Korea Selatan atau sekitar Rp32,9 miliar.

Sedangkan Hussein Ammouta tercatat hanya memiliki bayaran sekitar 720 ribu dolar AS per tahun (Rp11,2 miliar) sebagai pelatin Yordania.

Dilansir dari laman Aabir, nilai tersebut lebih murah dari apa yang diminta pelatih asal Maroko tersebut. Saat ditunjuk pada Juni 2023 lalu, Hussein Ammouta meminta bayaran 65 ribu dolar AS.

Tapi, Federasi Sepak Bola Yordania (JFA) memilih bernegosiasi dan memberinya gaji 60 ribu dolar AS (Rp940 juta) per bulan atau 720 ribu dolar AS per tahunnya.

Meski permintaannya tak dipenuhi, bayaran 60 ribu dolar AS per bulan itu melebihi bayaran Hussein Ammouta di Wydad AC yang hanya sekitar 42 ribu dolar AS (Rp658 juta) per bulan.

Lantas, bagaimana perbandingan gaji Hussein Ammouta dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong? Untuk masalah gaji, pelatih asal Korea Selatan itu unggul.

Diketahui, Shin Tae-yong mendapat bayaran sekitar 1 juta dolar AS (Rp15,7 miliar) sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Kontributor: Felix Indra Jaya

#Gaji #Murah #Hussein #Ammouta #Pelatih #yang #Bawa #Yordania #Final #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com