Gencatan Senjata Selama Piala Dunia 2022 Patut Dipertimbangkan Rusia

Gencatan Senjata Selama Piala Dunia 2022 Patut Dipertimbangkan Rusia

snackonasmack.com – Sejak Rusia menginvasi Ukraina akhir Februari silam, isu perang Ukraina mendominasi narasi Konferensi Tingkat Tinggi Kelompok 20 negara besar dunia yang biasa disebut G20 tahun ini.

Saking dominan isu itu, kabar datang tidaknya Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri KTT G20 di Bali pun menjadi salah satu isu terpanas dunia.

Konflik Rusia-Ukraina pula yang disinggung Presiden FIFA Gianni Infantino yang diundang Indonesia guna menghadiri KTT G20 tahun ini sebagai puncak periode keketuaan Indonesia dalam organisasi lintas benua ini.

Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali. Bola resmi tersebut diberikan Gianni kepada seluruh pimpinan negara yang hadir pada forum tersebut. [Dok. Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden]

Bedanya, Infantino menyinggung konflik itu tanpa didasari muatan politik untuk dukung mendukung atau kecam mengecam.

Baca Juga:
Siap Ambil Risiko Demi Fans, Son Heung-min Bakal Kenakan Topeng Zorro di Piala Dunia 2022

Diberi kesempatan berbicara oleh Ketua G20 Presiden Joko Widodo, dalam jamuan makan malam para pemimpin G20 di Nusa Dua, Bali, Infantino memanfaatkan kesempatan langka itu untuk menyerukan seruan yang seketika diberitakan luas oleh media massa global.

“Permohonan saya kepada Anda semua, renungkanlah gencatan senjata sementara selama 1 bulan selama Piala Dunia atau paling tidak implementasi koridor kemanusiaan atau apa pun yang bisa melanjutkan dialog sebagai langkah pertama menuju perdamaian,” kata Infantino.

Dia melanjutkan, “Anda semua pemimpin dunia, Anda memiliki kemampuan dalam memengaruhi jalannya sejarah. Sepak bola dan Piala Dunia menawarkan kepada Anda dan dunia, sebuah platform untuk persatuan dan perdamaian di seluruh dunia.”

Sudah berbagai cara dilakukan untuk menghentikan perang di Ukraina, walau hanya sementara, kecuali koridor pangan beberapa waktu lalu untuk memberikan kesempatan masyarakat global bernapas karena perang Ukraina telah merusak rantai pasokan pangan global yang membuat harga pangan melonjak sehingga tak terjangkau penduduk miskin dunia.

Presiden Jokowi sendiri telah berulang kali menyerukan pengakhiran perang, baik saat mengunjungi Ukraina dan Rusia, maupun dalam kesempatan lain. Terakhir Jokowi melakukannya saat membuka KTT G20 di Bali pada Rabu 16 November.

Baca Juga:
Hormati Qatar, Hugo Lloris Ogah Kenakan Ban Kapten Warna Pelangi di Piala Dunia 2022

Infantino sendiri pada dasarnya meminta penghentian perang itu, walau hanya sementara, selama Piala Dunia 2022.



#Gencatan #Senjata #Selama #Piala #Dunia #Patut #Dipertimbangkan #Rusia

Sumber : www.suara.com