Hitungan-hitungan Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Hitungan-hitungan Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Hitung-hitungan peluang kelolosan Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 memang terhitung krusial. Sebab, skuad Garuda menghadapi persaingan yang tak enteng pada fase penyisihan grup.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sebetulnya cukup optimistis bahwa anak asuhnya bisa merebut satu tiket lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, termasuk potensi berjumpa Korea Selatan.

Persaingan yang dihadapi tim Merah Putih memang terhitung menantang. Sebab, Jordi Amat dan kawan-kawan bakal bersua Jepang, Irak, dan Vietnam di Grup D.

“Sebagai hasil dari komposisi grup, kami mungkin akan bertemu Korea [Selatan] di babak 16 besar atau tidak,” kata Shin Tae-yong seperti dilansir dari Chosun.

“Kami bisa bertemu [Korea Selatan] jika berada di posisi kedua grup. Mungkin akan sulit [bertemu Korea] jika kami menempati peringkat ketiga grup,” ujarnya.

Optimisme yang dimiliki oleh Shin Tae-yong harus bisa menular kepada seluruh anggota Timnas Indonesia, termasuk para pendukungnya. Sehingga, skuad Garuda bakal mendapatkan motivasi yang besar untuk meraih prestasi tersebut.

Peluang Tetap Terbuka

Untuk menghitung peluang Timnas Indonesia melaju ke fase berikutnya, setidaknya ada beberapa skenario yang bisa dimaksimalkan oleh Shin Tae-yong untuk meloloskan para pemainnya.

Namun, apabila melihat lawan-lawan elite yang bakal dihadapi di Grup D, skenario terbaik yang bisa diwujudkan ialah lolos dengan status sebagai peringkat ketiga terbaik. Ini jalur yang paling masuk akal untuk diwujudkan.

Sebab, skuad Garuda bisa bersaing untuk memperebutkan empat slot dari jalur peringkat ketiga terbaik ini. Empat slot ini nantinya bakal diperebutkan oleh enam grup yang berbeda.

Timnas Indonesia wajib mengamankan minimal satu poin saat menghadapi lawan-lawan terberatnya di Grup D, yakni Irak dan Jepang. Setelah itu, duel melawan Vietnam harus diakhiri dengan kemenangan.

Dengan skenario ini, skuad Merah Putih berpeluang merebut minimal peringkat ketiga dan bersaing ke fase berikutnya. Jumlah poin ini juga berpotensi membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up grup.

Jika nantinya anak asuh Shin Tae-yong berhasil merebut posisi sebagai runner-up, maka mereka akan berpeluang menghadapi juara Grup E. Apabila lolos sebagai peringkat ketiga terbaik, lawan yang dihadapi adalah juara Grup A atau juara Grup B.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

#Hitunganhitungan #Peluang #Timnas #Indonesia #Lolos #Babak #Besar #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com