Indra Sjafri Ingin ‘Sembunyikan’ Pemain Hebat di Timnas Indonesia U-20, Kenapa?

Indra Sjafri Ingin 'Sembunyikan' Pemain Hebat di Timnas Indonesia U-20, Kenapa?

snackonasmack.com – Indra Sjafri menyebut para pemain Timnas Indonesia U-20 saat ini memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Meski demikian, dia menekankan kepada semua pihak termasuk awak media untuk tidak melebih-lebihkan kemampuan para pemainnya terutama yang memang terbukti menonjol.

Indra memiliki alasan tersendiri untuk “menyembunyikan” para pemain Timnas Indonesia U-20. Menurutnya, sanjungan dan pujian berlebihan tidak selalu baik untuk para pesepak bola muda.

Baca juga: Profil Jairo Riedewald, Gelandang Crystal Palace yang Disebut Berminat Bela Timnas Indonesia

“Kalau ada nanti yang menonjol, jangan diberitakan dia hebat. Supaya dia adem, tenang gitu,” kata Indra Sjafri,” kata Indra Sjafri di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (30/1/2024).

“Jadi mari kita sama satu visi dalam membangun pemain usia muda,” tambahnya.

Indra Sjafri ditunjuk PSSI untuk meloloskan Timnas Indonesia U-20 ke Piala Dunia U-20 2025. Tugas tersebut sangat berat mengingat dalam sejarahnya, Garuda Nusantara belum pernah tampil di ajang tersebut.

Pesepak bola timnas U-20 Muhammad Kafiatur Rizky melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Uzbekistan U-20 pada International Friendly Match di Stadion Madya GBK, Jakarta, Selasa (30/1/2024). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz

Meski demikian, beban Indra Sjafri sedikit berkurang merujuk banyaknya barisan pemain Timnas Indonesia U-20 dengan kemampuan mumpuni saat ini.

Bahkan, Indra menyebut generasi Timnas Indonesia U-20 saat ini jauh lebih baik dari para pemain terdahulu yang juga pernah dilatihnya di level kelompok umur.

“Kalau melihat potensi tim ini, dari tahun 2011 saya menangani tim usia yang sama, ini saya memulai dengan ibaratnya kilometernya sudah tinggi gitu,” kata Indra Sjafri.

Baca juga: Potensi Pratama Arhan Jadi Sorotan Eks Pelatih Spesialis Throw In Liverpool

“Jadi kalau ditanyakan maju gak sepakbola Indonesia? Oh sangat maju.”

“Di 2013 mencari VO2max (nilai) 50 saja tuh susahnya minta ampun. Ini (Timnas U-20) ada yang (nilainya) 72. Kita tes di Medical Sports Center kita (yang nilainya) 60 banyak. Jadi optimis saja dan support mereka,” tambahnya.

#Indra #Sjafri #Ingin #Sembunyikan #Pemain #Hebat #Timnas #Indonesia #U20 #Kenapa

Sumber : www.suara.com