Invasi Naturalisasi, Dari Shayne Pattynama hingga Jay Idzes

Invasi Naturalisasi, Dari Shayne Pattynama hingga Jay Idzes

snackonasmack.com – Dalam upayanya untuk membuat Timnas Indonesia semakin kuat, berbagai hal dilakukan PSSI. Salah satunya adalah dengan cara naturalisasi pemain keturunan.

Bukan sembarangan naturalisasi, namun ada beberapa ketentuan berlaku sebagai syaratnya. Salah satunya adalah pemain yang bersangkutan harus memiliki darah keturunan Indonesia, dan yang paling penting harus rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Sepanjang tahun 2023, ada sejumlah nama pesepakbola yang memiliki darah keturunan diubah kewarganegaraannya menjadi Indonesia. Itu semua dilakukan dengan harapan bisa membuat skuad Garuda menjadi lebih kuat.

Tidak sampai di 2023 saja, proses naturalisasi kelihatannya masih terus berlanjut. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bahkan siap terus memberikan lampu hijau, asalkan pemain itu sesuai kriteria.

Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan yang terbaru Jay Idzes menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di 2023.

Sebenarnya, masih ada lagi nama-nama macam Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, hingga Thom Haye, namun kemungkinan besar baru disumpah pada 2024.

Lantas, bagaimana perjalanan pemain-pemain tersebut?

Shayne Pattynama

Nama pertama yang resmi menyandang status WNI di 2023 adalah Shayne Pattynama. Ia diambil sumpahnya sebagai WNI pada 24 Januari 2023.

Shayne menjalani proses naturalisasi dari Mei 2022. Ketika itu, PSSI masih dipimpin oleh Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Sampai dengan saat ini, pemain yang merumput di Viking FK itu sudah mencatatkan lima penampilan bersama Timnas Indonesia. Shayne Pattynama sudah mencetak satu gol di tim nasional.

Ivar Jenner dan Rafael Struick

Ivar Jenner dan Rafael Struick menjadi pemain selanjutnya yang resmi dinaturalisasi pada 2023. Keduanya mengambil sumpah bersamaan 22 Mei lalu.

Ivar Jenner dan Rafael Struick adalah pemain muda yang langsung direkomendasikan Pelatih Shin Tae-yong untuk dijadikan WNI. Keduanya, pada awalnya diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2023 yang batal berlangsung di Indonesia.

Meski begitu, keduanya tetap kukuh menjadi WNI meski gagal tampil di Piala Dunia U-20 bersama Timnas Indonesia. Sampai dengan saat ini Ivar dan Rafael menjadi pemain andalan STY.

Ivar sudah tampil sebanyak dua kali bersama Timnas Indonesia ketika berhadapan dengan Palestina (0-0) dan Argentina (0-2) pada Juni lalu. Sementara Rafael Struick sudah tampil empat kali saat melawan Palestina dan Argentina ditambah dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak (1-5) dan Filipina (1-1).

Justin Hubner

Pemain selanjutnya adalah Justin Hubner yang mengambil sumpah WNI pada 6 Desember 2023. Dalam perjalanannya, pemain Wolves U-21 itu ada polemik sebelum menjadi WNI.

Justin Hubner disebut-sebut batal dinaturalisasi menyusul adanya panggilan ke Timnas Belanda U-20 pada Maret 2023. Sejatinya, Justin mengambil sumpah bersamaan dengan Ivar dan Rafael.

Gabungnya Hubner dengan Timnas Belanda U-20 menjadi tanda tanya bagi pecinta sepak bola terlebih proses naturalisasinya lenyap begitu saja. Bahkan, dilaporkan ada permintaan dari Justin Hubner yang membuat PSSI menolak melanjutkan proses naturalisasi.

Tiba-tiba proses naturalisasi Justin dilanjutkan hingga kini dirinya sah menjadi WNI. Sang pemain pun punya kans debut bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 pada Januari nanti.

Jay Idzes

Jay Idzes menjadi penutup pemain yang dinaturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia pada 2023. Ia mengambil sumpah pada 28 Desember.

Untuk proses Jay bisa dibilang sangat cepat. Ia dikenalkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk dinaturalisasi pada 6 September 2023.

Namun sayang, Jay Idzes harus sabar menanti debutnya bersama Timnas Indonesia karena gagal didaftarkan untuk Piala Asia 2023 pada Januari ini.

Sebab, pendaftaran pemain sudah ditutup disaat pengambilan sumpah dilakukan. Jay Idzes kemungkinan baru bisa mengenakan seragam garuda di dada pada Maret 2024. Itu saat lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

#Invasi #Naturalisasi #Dari #Shayne #Pattynama #hingga #Jay #Idzes

Sumber : www.suara.com