Jalan Panjang Karier Radja Nainggolan, dari Bintang Liga Italia Hingga Berlabuh ke Bhayangkara FC

Jalan Panjang Karier Radja Nainggolan, dari Bintang Liga Italia Hingga Berlabuh ke Bhayangkara FC

snackonasmack.com – Radja Nainggolan kini telah resmi bermain untuk Bhayangkara FC di BRI Liga 1 2023/2024. Sebelum berlabuh ke Tanah Air, pesepak bola keturunan Batak itu lebih dulu jadi bintang di Liga Italia.

Sebagaimana diketahui, Radja Nainggolan dikontrak Bhayangkara FC untuk mengarungi putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024. Ia pun mendapatkan gaji fantastis, mencapai Rp5 miliar lebih.

Pemain baru Bhayangkara FC Radja Nainggolan memegang kaus tim tersebut setelah diperkenalkan secara resmi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (4/12/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Lantas bagaimana perjalanan sepak bola gelandang yang kini berusia 35 tahun tersebut? Menukil dari data Transfermarkt, Nainggolan memulai akademi di Beerschot Belgia pada 2003.

Setahun berselang, pemain yang identik dengan rambut nyentriknya ini lantas hijrah ke Italia. Ia berlabuh ke Piacenza U-19.

Di sana, Radja Nainggolan menghabiskan waktu yang cukup lama sekitar enam tahun, hingga akhirnya hijrah ke Cagliari.

Kariernya pun semakin menanjak karena Nainggolan direkrut klub ibukota Italia, AS Roma pada tahun 2014 lalu. Ia bertahan selama empat musim bersama I Lupi.

Pada Juli 2018, Nainggolan kemudian mengikuti pelatihnya untuk gabung ke Inter. Sayangnya ia dipinjamkan ke Cagliari musim depannya.

Setelah lebih banyak menjalani peminjaman bersama Cagliari, gelandang yang mengantongi 30 caps untuk timnas Belgia ini pulang kampung membela Royal Antwerp.

Namun kariernya tidak semulus ketika masih muda. Nainggolan pun hanya bertahan satu setengah musim dan mencoba kembali ke Italia bersama SPAL.

Sayangya performanya juga tidak kunjung membaik dan akhirnya meninggalkan SPAL pada Juli 2023. Ia pun berstatus tanpa klub.

Kini tim pelabuhan selanjutnya Radja Nainggolan sudah mencuat ke publik. Ia disebut bakal tampil untuk Bhayangkara FC di BRI Liga 1.

Sementara itu, selama karier profesionalnya, Nainggolan tampil dalam 595 pertandingan dengan sumbangan 67 gol dan 57 assist di level klub.

Radja Nainggolan kini berpeluang debut bersama Bhayangkara FC. Ia turut dibawa untuk melakoni laga tandang melawan PSM Makassar, Jumat (8/12/2023).

#Jalan #Panjang #Karier #Radja #Nainggolan #dari #Bintang #Liga #Italia #Hingga #Berlabuh #Bhayangkara

Sumber : www.suara.com