Jelang Hadapi Timnas Indonesia, Irak Dikritik Tak Punya Taktik yang Jelas

Jelang Hadapi Timnas Indonesia, Irak Dikritik Tak Punya Taktik yang Jelas

snackonasmack.com – Timnas Irak medapat kritik tajam dari publik mereka sendiri jelang menghadapi Timnas Indonesia dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1/2023) mendatang.

Kritik tersebut dilontarkan pelatih kawakan asal Irak, Jumaa Jadie. Dia menilai tim asuhan Jesus Casas hingga kini tak mampu menunjukkan penampilan yang meyakinkan.

Selain itu, Jadie juga menyoroti kecenderungan pelatih mengambil pendekatan lebih bertahan tetapi dianggap tidak punya taktik yang jelas untuk membangun serangan.

Hal itu disampaikan Jumaa Jadie setelah Irak kalah 0-1 dari Korea Selatan dalam laga uji coba jelang Piala Asia 2023 pada 6 Januari lalu.

“Timnas Irak bermain dengan gaya bertahan dan tidak punya kemampuan untuk membangun serangan, selain itu tidak ada taktik yang jelas saat bermain,” kata Jumaa Jadie dikutip dari Winwin, Jumat (12/1/2024).

Para pemain Timnas Irak. [X / Iraq National Football Team]

Dalam pertandingan kontra Korea Selatan, Irak lebih banyak ditekan oleh lawan. Mereka kalah 0-1 setelah Taeguk Warriors mencetak gol semata wayang lewat Lee Jae-sung.

Menurut Jadie, performa Irak sangat biasa saja dalam laga tersebut. Dia kecewa karena Jesus Casas nyatanya tidak bisa memoles tim agar bisa menampilkan permainan indah.

“Saya berharap timnas Irak menampilkan sepak bola indah, tapi sayangnya realita menunjukkan yang sebaliknya,” tegas Jadie.

Lebih jauh, Jadie bahkan menuding Federasi Sepak Bola Irak (IFA) telah salah langkah karena merekrut Jesus Casas. Dia meminta federasi untuk meniru negara-negara Arab lain yang terbukti sukses dengan pelatih yang lebih kawakan.

“Mereka [Jesus Casas] coba mengubah sepak bola Irak, tetapi tim tidak mampu membangun serangan dengan baik. Hal itu menjadi indikasi kerja yang tidak bagus dari tim pelatih,” kata Jadie.

“Federasi Irak harus mencontoh Qatar dan Arab Saudi dalam mengontrak pelatih. Bagaimana tim mereka berkembang karena memiliki juru taktik yang tepat,” tegasnya.

Timnas Indonesia akan memainkan laga perdana Grup D kontra Irak. Setelahnya, Garuda berturut-turut menghadapi Vietnam pada 19 Januari dan Jepang lima hari setelahnya.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar. Turnamen yang diikuti 24 tim ini bakal bergulir mulai 12 Januari hingga 10 Februari mendatang.

#Jelang #Hadapi #Timnas #Indonesia #Irak #Dikritik #Tak #Punya #Taktik #yang #Jelas

Sumber : www.suara.com