Jenis Kertas untuk Mencetak ID Card Anda

Ada beberapa jenis ID Card yang perlu Anda ketahui sebelum memilikinya. Mulai dari ID card standar, Proximity, Magnetik dan juga Mifare. Semuanya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pemakaian masing-masing. Maka dari itu, Anda bisa mengetahui bagaimana ciri-cirinya terlebih dahulu sebelum memakainya pasalnya juga terbuat dari material kertas yang berbeda.

PVC ID Card

PVC merupakan Polyvinyl Chloride sebagai kertas yang paling sering digunakan untuk mencetak ID card paling dekat. Kertas satu ini mempunyai lapisan atas dan bahasa yang dapat dicetak pada kedua sisinya. Hasil cetakannya pun terlihat tahan lama dan juga profesional.

Tidak heran jika kertas PVC banyak digunakan untuk berbagai keperluan termasuk juga mencetak kartu nama, kartu vaksin dan kartu lainnya. Cetak ID Card biasanya akan menggunakan tinta pigment China yang membuat hasilnya terlihat lebih tajam, tahan lama dan anti luntur.

Art Paper

Tidak hanya PVC saja, material yang sering digunakan pada ID Card adalah art paper. Sifatnya memang tidak sekuat seperti PVC hanya saja masih banyak orang memburunya untuk cetak kartu.

Selain digunakan untuk cetak ID card, art paper biasanya digunakan pada acara konser, seminar atau acara lain yang memerlukan tanda pengenal bersifat sementara. Permukaannya terlihat licin, halus dan juga mengkilat.

Sifat dari art paper adalah sulit untuk menyerap tinta maka disarankan bisa menggunakan tinta dengan formula khusus seperti Art Paper China. Hasil cetaknya akan lebih cepat kering dan terlihat tajam serta anti luntur.

Finishing Doff dan Glossy

Agar hasilnya terlihat lebih profesional lagi, maka pada saat mencetak ID Card pun Anda bisa menambahkan finishing dengan menggunakan laminasi doff atau glossy. Untuk cara yang lebih terjangkau, maka bisa menggunakan laminasi dingin baik doff atau glossy. Doff memberikan tampilan yang tidak mengkilap namun elegan seemntara glossy terlihat mengkilap ketika terkena cahaya.

Bagi Anda yang akan mencetak ID card, maka bisa menggunakan ketiga bahan di atas sekaligus dengan tahap finishing-nya. Ada banyak layanan percetakan bandung yang melayani cetak ID Card sesuai dengan jumlah kebutuhannya.