Jepang Layaknya Jerman, Timnas Indonesia Diminta Tiru Semangat Korea Selatan

Timnas Indonesia Senasib Korea Selatan atau Lebih Buruk?

snackonasmack.com – Pelatih Shin Tae-yong punya harapan besar untuk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Dia ingin Garuda bisa mengulang keajaiban Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Keajaiban yang dimaksud Shin Tae-yong adalah kemampuan sebuah tim yang di atas kertas tak diunggulkan tetapi mampu mengalahkan lawan yang lebih “besar”.

Timnas Indonesia menjadi tim non-unggulan di Grup D Piala Asia 2023. Ranking FIFA mereka begitu rendah dibanding tiga lawannya yakni Jepang, Irak dan Vietnam.

Skuad Garuda saat ini menduduki peringkat 146 dunia, berbanding 17 milik Jepang, 63 punya Irak dan 94 diduduki Vietnam.

Meski berstatus underdog, Shin Tae-yong menegaskan Timnas Indonesia punya potensi untuk merepotkan lawan-lawannya.

Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick (Kanan) Saat Melakoni Laga Kontra Libya. (pssi.org)

Dia ingin Timnas Indonesia bisa mendapat hasil positif layaknya ketika Korea Selatan tampil di Grup F Piala Dunia 2018 silam.

Saat itu, Shin Tae-yong berhasil membawa Korea Selatan bikin kejutan dengan mengalahkan juara dunia Jerman dengan skor 2-0.

Kemenangan itu memang gagal membawa Taeguk Warriors –julukan Korea Selatan– lolos ke fase knock-out karena cuma finis di posisi ketiga, tetapi mereka berhasil mencoreng wajah Jerman yang harus finis di posisi buncit.

“Sesuatu yang tidak terduga mungkin terjadi. Semuanya atau tidak sama sekali,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Sports Seoul, Kamis (11/1/2024).

Shin Tae-yong menegaskan ingin Timnas Indonesia setidaknya meraih satu kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan di Grup D.

Juru taktik 54 tahun itu mengisyaratkan Timnas Indonesia bakal tampil lepas saat menghadapi Jepang yang di atas kertas berada di level berbeda.

Namun, dia juga menyimpan hasrat agar Timnas Indonesia bisa memberi kejutan di laga kontra Samurai Biru.

“Sebenarnya timnas Jepang berada di level lain. Ini tidak akan mudah, tapi saya berencana mempersulit mereka,” kata Shin Tae-yong.

“Saya pikir kami bisa memberikan kejutan jika kami tidak melakukan kesalahan,” tambahnya.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

#Jepang #Layaknya #Jerman #Timnas #Indonesia #Diminta #Tiru #Semangat #Korea #Selatan

Sumber : www.suara.com