Jurgen Klinsmann Digaji 2 Kali Lebih Mahal dari Shin Tae-yong, Tapi Korea Selatan Gagal Juara Piala Asia 2023

Jurgen Klinsmann Digaji 2 Kali Lebih Mahal dari Shin Tae-yong, Tapi Korea Selatan Gagal Juara Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Jurgen Klinsmann gagal memenuhi target membawa Timnas Korea Selatan menembus final Piala Asia 2023. Langkah mereka terhenti di babak semifinal.

Ironisnya, Korea Selatan yang duduk di peringkat ke-23 FIFA disingkirkan oleh Yordania yang ada di posisi 87 dunia.

Pada laga semifinal Piala Asia 2023 yang berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Selasa (6/2/2024), Korea Selatan kalah 0-2.

Dengan hasil ini, Korea Selatan kembali gagal merajai Piala Asia. Terakhir kali mereka menjadi juara adalah pada Piala Asia 1960.

Hasil ini tentu mengecewakan karena Korea Selatan sudah all in dengan mendatangkan Jurgen Klinsmann sebagai juru taktik dan membawa 35 staf.

Klinsmann datang dengan reputasi tak kaleng-kaleng. Catatannya sebagai pelatih Jerman dan Amerika Serikat membuatnya punya nama sebagai pelatih.

Jurgen Klinsmann didatangkan Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) pada 27 Februari 2023. Di bawah arahannya, Korea Selatan sebetulnya cukup impresif.

Ekspektasi tinggi kepada Klinsmann semakin tinggi karena biaya yang dikeluarkan oleh KFA tidak mudah. Berdasarkan laporan jurnalis asal Korea Selatan, Steve Han, Klinsmann digaji 2,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 34 miliar.

Nominal ini tidak jauh berbeda dengan yang didapatkan oleh Roberto Mancini oleh Arab Saudi. Dikabarkan eks pelatih Timnas Italia itu digaji 30 juta euro per tahun.

Bahkan gaji Jurgen Klinsmann dua kali lipat dari Shin Tae-yong di timnas Indonesia yang menerima 1 juta dolar AS atau sekitar Rp15,7 miliar per tahunnya.

Selain nominal gaji yang fantastis, Klinsmann juga mendapat dukungan penuh dari KFA dengan mendatangkan 35 orang untuk masuk staf kepelatihannya sesuai permintaannya.

Tuntutan publik Korea Selatan untuk Jurgen Klinsmann mundur sudah bermunculan. Namun pelatih 59 tahun itu dikabarkan menolak mundur.

Kontributor: Aditia Rizki

#Jurgen #Klinsmann #Digaji #Kali #Lebih #Mahal #dari #Shin #Taeyong #Tapi #Korea #Selatan #Gagal #Juara #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com