Justin Hubner Dicoba Jadi Gelandang, Indikasi Marc Klok Mulai Terpinggirkan di Timnas Indonesia

Bikin Dua Blunder di Debut Timnas Indonesia, Justin Hubner: Biasanya Saya Bagus

snackonasmack.com – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kembali membuat beberapa eksperimen jelang Piala Asia 2023. Terbaru, Shin Tae-yong mencoba bek naturalisasi, Justin Hubner main di posisi gelandang.

Shin Tae-yong memainkan Justin Hubner sebagai starter di lini tengah saat Timnas Indonesia senior kalah tipis 1-2 dari Libya pada laga uji coba kedua melawan Libya di Antalya, Turki, Jumat (5/1/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia dua kali menjajal kekuatan Libya dalam rangkaian agenda pemusatan latihan (TC) di Turki, sebagai persiapan jelang tampil di Piala Asia 2023 Qatar.

Pada pertemuan pertama, Timnas Indonesia takluk 0-4 pada laga yang berlangsung pada 2 Januari lalu, dengan pelatih Shin Tae-yong melakukan beberapa eksperimen ataupun rotasi pemain.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah) mengamati permainan timnya pada laga uji coba kontra Libya di Antalya, Turki, Jumat (5/1/2024) malam WIB. [dok. PSSI]

Berselang tiga hari, Shin Tae-yong kembali membuat beberapa percobaan, termasuk memainkan Justin Hubner yang berposisi asli bek tengah di posisi gelandang sentral.

Pemain 20 tahun yang bermain untuk klub Inggris, Wolves itu tampil penuh 90 menit untuk tim Merah Putih.

Meski masih terlihat agak grasak-grusuk, Hubner relatif tampil menjanjikan dengan peran barunya. Shin Tae-yong memakai formasi 3-4-2-1 pada laga kedua lawan Libya ini.

Tiga bek tengah dipercayakan pada Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott. Mereka sudah bermain bersama untuk waktu yang cukup lama.

Mungkin, karena tidak ingin mengubah komposisi yang sudah paten itu, Shin Tae-yong membuat penyesuaian. Ketimbang harus mengubah komposisi trio bek tengah, sang pelatih memilih menggeser posisi Hubner.

Hubner berduet dengan Ivar Jenner di lini tengah sebagai double pivot. Hubner sendiri mendapat tugas untuk menjaga kedalaman. Dia berada tepat di depan tiga bek tengah. Sedangkan, Jenner lebih fleksibel dan bebas saat menyerang.

Hubner memberi opsi baru bagi Shin Tae-yong untuk menyusun komposisi pemain di lini tengah. Namun, ada pemain yang mungkin jadi ‘korban’ dari eksperimen perubahan posisi Hubner ini.

Arkhan Fikri dan Adam Alis sudah dicoret dari skuad untuk Piala Asia 2023 di Qatar bulan ini, walau masih mungkin didaftarkan lagi. Mereka tak lagi jadi opsi pertama di lini tengah.

Berikutnya, Marc Klok mungkin akan jadi ‘korban’ perubahan posisi Hubner.

Marc Klok. (Instagram/pssi)
Marc Klok. (Instagram/pssi)

Jika pada laga-laga Timnas Indonesia sebelumnya Klok selalu jadi andalan, mungkin ke depan dia harus siap duduk di bangku cadangan dan memberikan tempatnya di tim inti pada Hubner.

Pada pertandingan pertama kontra Libya dan di beberapa laga internasional terakhir bersama Timnas Indonesia, Marc Klok, gelandang Persib Bandung berusia 30 tahun, memang terlihat melambat.

#Justin #Hubner #Dicoba #Jadi #Gelandang #Indikasi #Marc #Klok #Mulai #Terpinggirkan #Timnas #Indonesia

Sumber : www.suara.com