Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Disorot AFC Jelang Piala Asia 2023

Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Disorot AFC Jelang Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Piala Asia 2023 tinggal sebulan lagi digulirkan, tepatnya pada 10 Januari 2024. Pihak AFC menyoroti Asnawi Mangkualam dan dianggap sebagai pemain yang dinantikan kiprahnya dari timnas Indonesia.

Timnas Indonesia tergabung dalam grup yang berat di Piala Asia 2023. Skuad Garuda akan melawan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Jelang gelaran ini, AFC membuat laporan bahwa tim Merah Putih wajib diperhitungkan. Apalagi adanya sosok Asnawi Mangkualam yang menjadi teladan membawa timnas maju.

“Ulet dan punya fisik bagus dengan keinginginan menyerang. Bek kanan Indonesia, Asnawi Mangkualam adalah seorang kapten yang memberi contoh mendorong timnasnya maju,” tulis laporan AFC disadur Senin (11/12/2023).

Dibeberkan bahwa kapten timnas Indonesia ini punya darah sepak bola dalam dirinya. Sebab, ia adalah anak adri mantan pemain Bahar Muharram yang bekerja di staf pelatih PSM Makassar.

AFC pun menyoroti karier pemain berusia 24 tahun ini yang berani merantau ke luar negeri, tepatnya Korea Selatan.

“Asnawi memantapkan dirinya, menghabiskan empat musim di PSM sebelum menjadi orang Indonesia pertama yang pindah ke Korea Selatan pada tahun 2021 ketika bergabung dengan klub K League 2 Ansan Greeners,” imbuh laporan AFC.

“Dia bermain lebih dari 40 kali untuk tim yang berbasi di Gwangyang sebelum pindah ke Jeonnam Dragons pada awal tahun 2023, di mana ia menjadi pemain reguler sepanjang musim,” tambahnya.

Kiprah Asnawi juga disorot karena dirinya debut di timnas Indonesia ketika masih belia. Momen itu terjadi padaMaret 2017 saat skuad Garuda melawan Myanmar.

Asnawi yang debut bersama timnas Indonesia saat itu masih berusia 17 tahun 167 hari. Kini di usianya yang masih 24 tahun, ia dipercaya Shin Tae-yong menjadi kapten.

Maka dari itu, wajar saja jika AFC memasukkan nama Asnawi Mangkualam sebagai pemain yang harus diperhatikan di Piala Asia 2023.

#Kapten #Timnas #Indonesia #Asnawi #Mangkualam #Disorot #AFC #Jelang #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com