Kemenangan Jepang atas Jerman Tak Lepas dari Peran “Orang Dalam”

Profil Ritsu Doan, Supersub Jepang yang Sukses Jebol Gawang Jerman

snackonasmack.com – Timnas Jepang untuk kali pertama dalam sejarah mampu mengalahkan tim raksasa Jerman. Kemenangan mengejutkan itu tak lepas dari peran “orang dalam”.

Tim berjuluk Samurai Biru itu berhasil mengguncang Piala Dunia 2022 setelah menang 2-1 atas Jerman dalam matchday pertama Grup E.

Dalam pertandingan di Stadion Internasional Khalifa, Qatar itu, Jepang tertinggal lebih dulu melalui gol penalti Ilkay Gundogan (33′).

Kiper Jerman Manuel Neuer (Kiri) tertunduk lesu usai negaranya kalah dalam pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia 2022 antara Jerman dan Jepang di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022). [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]

Tim asuhan Hajime Moriyasu itu kemudian bangkit dengan mencetak dua gol di babak kedua lewat Ritsu Doan (75′) dan Takuma Asano (83′).

Baca Juga:
Makna Aksi Tutup Mulut Timnas Jerman Sebelum Kalah Dibungkam Jepang di Piala Dunia 2022

Kemenangan ini memang mengejutkan, tetapi jika menilik lebih jauh, keberhasilan Jepang menumbangkan Jerman jauh dari kata beruntung.

Komposisi pemain Jepang di Piala Dunia 2022 mayoritas diisi para pemain yang berkarier di Eropa. Hanya ada tujuh nama yang bermain di kompetisi domestik.

Menyitat Opta, sebanyak delapan pemain abroad Jepang itu berkarier di Liga Jerman dengan rincian tujuh di Bundesliga dan satu di Bundesliga 2.

Karenanya, kemenangan Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022 bisa disebut tak lepas dari peran “orang dalam” yakni pemain-pemain yang sudah hafal dengan atmosfer dan taktik Liga Jerman.

Bahkan, dua gol kemenangan Jepang dalam laga ini pun dicetak oleh pemain yang berkarier di Negeri Panzer itu yakni Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Baca Juga:
Kontroversi Ban Kapten One Love di Piala Dunia 2022: Dilarang FIFA, Timbul Aksi Protes

Lantas siapa saja delapan pemain Jepang yang berkarier di Liga Jerman saat ini? berikut ulasannya:



#Kemenangan #Jepang #atas #Jerman #Tak #Lepas #dari #Peran #Orang #Dalam

Sumber : www.suara.com