Lolosnya Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023 Memakan Korban

Bertemu Australia di 16 Besar Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Punya Satu Kerugian

snackonasmack.com – Kelolosan Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 memakan korban. Pelatih Oman, Branko Ivankovic langsung dipecat pasca momen tersebut.

Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat tiga terbaik. Skuad Garuda mengakhiri Grup D dengan koleksi tiga poin hasil dari sekali menang dan dua kali kalah.

Meski cuma mengoleksi tiga poin, Timnas Indonesia nyatanya berhasil melangkah ke fase gugur. Hal itu tak lain berkat kegigihan Kirgistan menahan imbang Oman dalam matchday terakhir Grup F.

Baca juga: Biodata dan Karier Joel Kojo, Striker Kirgistan Pahlawan Timnas Indonesia Bantu Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Oman, sejatinya berada di atas angin setelah Timnas Indinesia takluk 1-3 dari Jepang dalam matchday terakhir Grup D.

Secara matematis, Oman cuma butuh kemenangan berapapun skornya untuk menggusur Timnas Indonesia dari urutan keempat klasemen peringkat tiga terbaik.

Namun dalam prosesnya, usaha Oman untuk meraup poin penuh dalam matchday terakhirnya gagal terwujud. Gol cepat Muhsen Al Ghassani pada menit ke-8 dibala Joel Kojo 10 menit jelang waktu normal berakhir.

Pelatih Oman asal Kroasia, Branko Ivankovic berbicara kepada para pemainnya selama matchday ketiga Grup F Piala Asia 2023 antara Kirgistan vs Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 25 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Hasil itu memastikan Oman maupun Kirgistan tersingkir dari Piala Asia 2023. Pelatih Oman Branko Ivankovic pun langsung terkena ganjarannya di mana federasi memutuskan untuk mengakhiri kontraknya.

“Dalam pernyataan resmi, Federasi Sepak Bola Oman (OFA) telah menyampaikan kepada pelatih Branko Ivankovic bahwa kontraknya tidak akan diperbarui setelah tim nasional menyelesaikan perjalanan mereka di Piala Asia 2024,” demikian disampaikan OFA.

“Jajaran Direksi OFA mengucapkan terima kasih kepada Pelatih Ivankovic atas kepemimpinan yang diberikan selama masa tugasnya bersama timnas Oman. Semoga kesuksesan menyertai langkah-langkah selanjutnya dalam karirnya,” lanjut pernyataan tersebut.

Hasil imbang kontra Kirgistan bikin Oman finis di peringkat tiga klasemen Grup F dengan koleksi dua poin yang tak cukup untuk mengangkani perolehan poin skuad Garuda.

#Lolosnya #Timnas #Indonesia #Besar #Piala #Asia #Memakan #Korban

Sumber : www.suara.com