Media Korea Sebut Shin Tae-yong ‘Ajaib’ usai Bawa Timnas Indonesia Bikin Sejarah di Piala Asia 2023

Tersingkir dari Piala Asia 2023, Ini Rencana Shin Tae-yong Selanjutnya Bersama Timnas Indonesia

snackonasmack.com – Media-media Korea Selatan memberi apresiasi tinggi kepada pelatih Shin Tae-yong setelah membawa Timnas Indonesia mencatatkan sejarah di Piala Asia 2023.

Langkah Timnas Indonesia dalam ajang empat tahunan ini memang terhenti di babak 16 besar dengan cara yang buruk andai hanya merujuk skor akhir.

Skuad Garuda dihajar Australia dengan skor 0-4 dalam pertandingan di Stadion Jassim bin Hamid, Doha, Qatar pada Minggu (28/1/2024) malam WIB.

Baca juga: Momok Timnas Indonesia, Aymen Hussein Malah Jadi Biang Keladi Kekalahan Irak atas Yordania

Meski demikian, kekalahan dari Australia tidak mengubah fakta bahwa Shin Tae-yong telah membawa Timnas Indonesia mencatatkan sejarah.

Pasalnya, untuk pertama kali dalam lima edisi Piala Asia yang telah diikuti tim Merah Putih, baru kali ini mereka mampu melangkah ke fase gugur.

Sebelumnya, Timnas Indonesia selalu terhenti di fase grup ketika tampil dalam edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberi arahan kepada pemainnya saat melawan Timnas Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). ANTARAFOTO/Yusran Uccang/nym

Merujuk status Timnas Indonesia yang baru kembali ke Piala Asia dalam 17 tahun terakhir, dan fakta bahwa Garuda merupakan negara dengan peringkat FIFA terendah kedua setelah Hong Kong di ajang ini, keberhasilan lolos ke 16 besar dianggap sebagai pencapaian tinggi.

Media-media Korea Selatan pun memberikan apresiasi kepada Shin Tae-yong. Mereka bahkan menganggap apa yang dilakukan juru taktik 53 itu sebagai sesuatu yang ajaib dan “magis”.

“‘Magis Shin Tae-yong’ tembus babak 16 besar, Indonesia kalah 0-4 dari Australia,” demikian judul salah satu artikel dari Munhwa, dikutip pada Selasa (30/1/2024).

Sementara media Korea Selatan lain yakni MBC News turut mengapresiasi Shin Tae-yong dengan narasi serupa. Menganggap Indonesia kalah dengan kepala tegak dari Australia.

“‘Magis Shin Tae-yong’ terhenti di 16 besar. Pujian untuk “kekalahan yang bagus”,” tulis MBC News dalam judul artikelnya.

Baca juga: Potensi Pratama Arhan Jadi Sorotan Eks Pelatih Spesialis Throw In Liverpool

Shin Tae-yong mampu menunaikan target PSSI untuk membawa Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023 setelah harus bertarung mati-matian di Grup D.

Grup D diisi oleh tim-tim kuat dan bahkan calon juara yakni Jepang, Irak dan Vietnam. Skuad Garuda mampu finis di peringkat ketiga setelah meraih satu kemenangan dan dua kalah.

Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 dan masing-masing harus takluk dari Irak dan Jepang dengan skor identik yakni 1-3.

Koleksi tiga poin dan selisih gol -3 ternyata sudah cukup meloloskan Timnas Indonesia ke fase gugur melalui jalur peringkat tiga terbaik.

“Rentetan sensasional Indonesia lolos babak penyisihan grup untuk pertama kalinya dari lima final Piala Asia terhenti di babak 16 besar,” tulis MBC News.

“Meski kalah telak 0-4, namun warga setempat memuji penampilan pelatih Shin Tae-yong dan tim Indonesia.”

#Media #Korea #Sebut #Shin #Taeyong #Ajaib #usai #Bawa #Timnas #Indonesia #Bikin #Sejarah #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com