Mengenang Timnas Indonesia Hajar Jepang, Egy Maulana Vikri Borong 2 Gol

Mengenang Timnas Indonesia Hajar Jepang, Egy Maulana Vikri Borong 2 Gol

snackonasmack.com – Timnas Indonesia bakal menghadapi Jepang pada laga pemungkas Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Ini bakal menjadi laga hidup mati buat Timnas Indonesia dan Jepang—pada kenyataannya— untuk menentukan mereka lolos ke babak 16 besar.

Dari data 11v11, Indonesia dan Jepang sudah bertemu 15 kali. Pertemuan terakhir terjadi sudah sangat lama, saat Jepang melumat Indonesia 5-0 pada 11 Juni 1989.

Total dari 15 pertemuan tersebut, Timnas Indonesia meraih lima kemenangan atas Jepang, dua kali imbang, dan delapan kali kalah.

Namun di luar pertemuan tim senior yang lama terjadi, Indonesia belum terlalu lama pernah bertemu Jepang. Adalah Timnas Indonesia U-16 yang melawan Jepang U-16 pada April 2015.

Laga Timnas Indonesia U-16 vs Jepang U-16 itu terjadi di Lapangan Padepokan Voli, Sentul, Bogor, Rabu (15/4/2015). Saat itu, Timnas U-16 dilatih oleh Fakhri Husaini.

Menariknya, saat itu Timnas Indonesia U-16 diperkuat oleh Egy Maulana Vikri yang ditunjuk menjadi kapten. Egy sendiri juga bermain di Piala Asia 2023 bersama Timnas Indonesia.

Garuda Muda (julukan Timnas U-16) membuka angka ketika pertandingan baru berjalan selama 18 menit. Adalah sepakan Egy Maulana yang membuat skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia U-16.

Jepang langsung merespons cepat ketertinggalan dengan mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-38. Skor imbang menutup paruh pertama pertandingan.

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-16 memastikan kemenangan lewat gol kedua Egy Maulana di menit ke-73 hingga laga berakhir untuk kemenangan Indonesia 2-1.

Adapun, laga tersebut merupakan pertandingan uji coba yang direncanakan untuk Timnas Indonesia U-16 sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-16 2015.

Sayangnya persiapan yang dilakukan itu menjadi sia-sia karena PSSI disanksi FIFA sehingga Timnas Indonesia dilarang tampil di ajang internasional.

Kontributor: Aditia Rizki

#Mengenang #Timnas #Indonesia #Hajar #Jepang #Egy #Maulana #Vikri #Borong #Gol

Sumber : www.suara.com