Palestina Raih Kemenangan Bersejarah, Timnas Indonesia Ketar-ketir

Palestina Raih Kemenangan Bersejarah, Timnas Indonesia Ketar-ketir

snackonasmack.com – Timnas Indonesia layak ketar-ketir menyusul update terbaru dari klasemen peringkat ketiga terbaik fase grup Piala Asia 2023 untuk lolos ke babak 16 besar. Situasinya kini jadi cukup sulit buat skuad Garuda.

Tadinya, situasi Timnas Indonesia, yang kini berada di peringkat ketiga klasemen Grup D Piala Asia Qatar dengan 3 poin, cukup aman dengan berada di peringkat kedua klasemen sementara peringkat tiga terbaik dari enam tim.

Para pemain Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2023. [KARIM JAAFAR / AFP]

Seperti diketahui, empat tim peringkat tiga terbaik dari total enam grup akan lolos ke fase gugur Piala Asia 2023.

Namun, dengan hasil matchday 3 alias matchday terakhir dari Grup B dan C yang digelar Selasa (23/1/2024) malam WIB, Timnas Indonesia kini turun ke peringkat empat klasemen peringkat tiga terbaik, yang merupakan batas akhir tim yang lolos ke 16 besar.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Intip Peluang Lolos 16 Besar Piala Asia Sebelum Hadapi Jepang, STY: Itu akan Sangat Menyenangkan

Pada laga Grup B yang dimainkan di Al Khor, Suriah meraih kemenangan tipis 1-0 atas India.

Hasil tersebut membuat Suriah duduk di peringkat tiga klasemen akhir Grup B dengan 4 poin dari tiga pertandingan, sekaligus memuncaki klasemen peringkat tiga terbaik fase grup.

Suriah unggul produktivitas gol atas tim Grup C, Palestina yang juga mengoleksi poin 4 dan selisih gol 0.

Palestina sendiri pada laga yang dimainkan lebih malam pada Selasa (24/1/2024) berhasil meraih kemenangan telak 3-0 atas Hong Kong di Doha, sekaligus kemenangan bersejarah.

Ini merupakan kemenangan perdana Palestina sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di ajang Piala Asia, sekaligus juga lolos ke fase gugur untuk pertama kalinya.

Ya, Palestina dan Suriah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai dua dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Dua slot sudah terkunci, kini tinggal dua tiket lagi diperebutkan untuk lolos ke fase gugur, termasuk oleh Timnas Indonesia tentunya.

Kini situasinya semakin jelas. Timnas Indonesia paling tidak jangan sampai kalah dari tim raksasa, Jepang pada matchday 3 Grup D yang akan digelar di Doha pada Rabu (24/1/2024) malam pukul 18:30 WIB, untuk tetap menjaga peluang lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Atau bahkan supaya lebih aman, meski akan sangat sulit, Timnas Indonesia memang sebaiknya meraih kemenangan lawan Jepang. Ini lantaran selisih gol skuad Garuda saat ini masih minus, yakni -1.

Andai Timnas Indonesia kalah lawan Jepang, skenario terbaik yang diharapkan terjadi adalah dua saingan peringkat tiga terbaik, Bahrain dan Oman meraih hasil buruk pada pertandingan matchday pamungkas fase grup yang akan dimainkan Kamis (25/1/2024).

BACA JUGA: Shin Tae-yong Akui Jepang Tim Nomor Satu di Asia, Tapi Timnas Indonesia Juga Sudah Jauh Berkembang

Bahrain saat ini masih ada di atas Indonesia di klasemen peringkat tiga terbaik.

Bahrain mengoleksi poin, selisih gol, dan produktivitas gol yang identik dengan Indonesia, namun mereka hanya unggul poin kedispilinan (jumlah kartu kuning).

Pada laga terakhir, Bahrain akan menghadapi pemuncak klasemen sementara Grup E, Yordania, yang tentu mengincar kelolosan sebagai juara atau minimal runner-up grup.

Sementara itu, Oman yang baru mengoleksi 1 poin di Grup F akan menghadapi tim juru kunci yang masih nirpoin, Kirgistan di matchday terakhir.

Andai Oman menang lawan Kirgistan, sementara Timnas Indonesia kalah lawan Jepang, hampir bisa dipastikan skuad Garuda akan kandas di fase grup dan harus mengubur mimpi mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke babak knock-out Piala Asia.

Klasemen Sementara Peringkat Tiga Terbaik Piala Asia 2023:

klasemen

#Palestina #Raih #Kemenangan #Bersejarah #Timnas #Indonesia #Ketarketir

Sumber : www.suara.com