Penentu Nasib STY, Target Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 Ternyata Tembus Semifinal!

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di 8 Besar Piala Asia 2023, Skenario Idaman Shin Tae-yong

snackonasmack.com – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga mengungkap pertemuan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dengan Ketua Umum Erick Thohir. Dalam kesempatan itu, ia menyebut bahwa STY memasang target tinggi untuk Piala Asia U-23 2024.

Sebelumnya, ramai diperbincangkan mengenai perpanjangan kontrak Shin Tae-yong. Bukan tanpa alasan, masa bakti juru taktik asal Korea Selatan itu bersama Timnas Indonesia akan habis pada akhir Juni 2024.

PSSI sendiri sudah menjalin kesepakatan dengan STY sebelum memperpanjang kontrak. Satu target, yaitu meloloskan Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar di level senior sudah tercapai.

Satu target lagi adalah membawa Timnas Indonesia U-23 melangkah dari fase grup Piala Asia U-23 2024 yang juga akan digelar di Qatar pada April nanti. Nah, target inilah yang diminta PSSI terlebih dahulu sebelum bicara soal perpanjangan kontrak Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memimpin tim di Piala Asia 2023 Qatar. [KARIM JAAFAR / AFP]

“Karena memang tidak ada yang mau diputuskan maupun diperpanjang. Waktu itu kita perpanjang STY enam bulan (sebelumnya kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia akan habis pada Desember 2023),” tutur Arya Sinulingga saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Selasa (6/2/2024).

“Waktu itu sudah ada satu kesepakatan bersama bahwa STY harus mencapai babak 16 besar (Piala Asia 2023), kemudian lolos ke delapan besar (awal fase gugur) di Piala Asia U-23,” sambungnya.

Menariknya, Arya mengatakan bahwa Shin Tae-yong ternyata memasang target lebih tinggi lagi untuk Timnas Indonesia U-23, melebihi kesepakatan dengan PSSI.

Tak tanggung-tanggung, pelatih 53 tahun itu ingin membawa skuad Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-23– menembus babak semifinal Piala Asia U-23 2024!

Dengan begitu, Timnas Indonesia U-23 punya kans tampil di Olimpiade Paris 2024. Seperti diketahui, tiga besar di Piala Asia U-23 2024 nanti akan lolos langsung, sementara peringkat empat akan diadu oleh negara dari konfederasi lain.

“Shin Tae-yong malahan dia mengatakan targetnya adalah empat besar, artinya mau masuk Olimpiade. PSSI berangkat dari situ saja. Makanya kami tidak pernah memperbincangkan masalah memutuskan atau memperpanjang (kontrak) STY,” jelas Arya.

“STY yang minta (target empat besar). Kami (PSSI) sih delapan besar, kalau juara masih jauh. Tapi, tidak apa-apa. Kalau delapan besar, kami sudah mengatakan target STY tercapai,” tutupnya.

Piala Asia U-23 2024 bakal berlangsung di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei mendatang. Timnas Indonesia U-23 berada di Grup A bersama tim tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia.

#Penentu #Nasib #STY #Target #Timnas #Indonesia #Piala #Asia #U23 #Ternyata #Tembus #Semifinal

Sumber : www.suara.com