Perbandingan Harga Pasar Daniel Klein vs Maarten Paes, Siapa Lebih Mahal?

Perbandingan Harga Pasar Daniel Klein vs Maarten Paes, Siapa Lebih Mahal?

snackonasmack.com – Melihat perbandingan harga pasar Daniel Klein dan Maarten Paes, dua kiper keturunan yang tertarik membela Timnas Indonesia.

Pos penjaga gawang Timnas Indonesia tampaknya akan menghadirkan persaingan sengit, seiring banyaknya kiper keturunan yang tertarik membela tim Merah Putih.

Tercatat ada tiga kiper keturunan yang tertarik membela Timnas Indonesia. Tiga kiper tersebut adalah Cyrus Margono, Maarten Paes, dan Daniel Klein.

Nama pertama sendiri dikabarkan tak perlu menjalani proses naturalisasi, usai dirinya memutuskan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Sedangkan dua nama terakhir, yakni Maarten Paes dan Daniel Klein, harus menjalani proses naturalisasi karena keduanya memegang paspor Belanda dan Jerman.

Terlepas dari Cyrus Margono yang tak perlu naturalisasi, nama Maarten Paes dan Daniel Klein kini menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen Indonesia.

Pasalnya, keduanya terbuka membela Timnas Indonesia di awal tahun 2024 ini. Maarten Paes terlebih dahulu menyatakan minatnya usai tiba di Indonesia pada awal Januari kemarin.

Sedangkan Daniel Klein belum lama ini mengaku dirinya tertarik membela Timnas Indonesia dan bakal menyambangi Tanah Air dalam waktu dekat.

Baik Maarten Paes dan Daniel Klein sama-sama berstatus kiper top yang membela klub papan atas di Amerika Serikat (MLS) dan Jerman (Bundesliga).

Karenanya, menarik untuk melihat perbandingan Maarten Paes dan Daniel Klein, terutama dari nilai pasar atau Market Value keduanya. Kira-kira, siapa yang punya nilai pasar lebih tinggi?

Maarten Paes Lebih Unggul

Jika melihat nilai pasarnya dari laman statistik Transfermarkt, Maarten Paes punya nilai pasar yang lebih tinggi ketimbang Daniel Klein.

Tak tanggung-tanggung, kiper yang membela FC Dallas tersebut punya nilai pasar enam kali lipat lebih tinggi dari Daniel Klein.

Saat ini, Maarten Paes punya nilai pasar sekitar 1,2 juta euro atau setara Rp20,3 miliar. Sedangkan Daniel Klein hanya memiliki nilai pasar sebesar 200 ribu euro (Rp3,3 miliar) saja.

Ada alasan mengapa nilai pasar Maarten Paes lebih tinggi ketimbang Daniel Klein yang berstatus kiper klub papan atas Bundesliga, FC Augsburg.

Nilai pasar Maarten Paes lebih unggul karena dirinya punya pengalaman mentereng. Tercatat, ia pernah membela FC Utrecht di kasta teratas Belanda dan kini bermain di MLS bersama FC Dallas.

Di dua klub tersebut, Maarten Paes menjadi andalan bagi klub-klubnya. Sehingga, performanya yang apik menunjang nilai pasarnya.

Berbeda dengan Daniel Klein yang belum punya banyak pengalaman di level profesional. Dalam kariernya hingga saat ini, kiper berusia 22 tahun itu lebih banyak bermain di level kelompok umur.

Kini, Daniel Klein sendiri tengah dipinjamkan ke tim kasta ketiga Jerman, SV Sandhausen. Sehingga nilai pasarnya terbilang murah karena pengalamannya di level profesional baru seumur jagung.

Kontributor: Felix Indra Jaya

#Perbandingan #Harga #Pasar #Daniel #Klein #Maarten #Paes #Siapa #Lebih #Mahal

Sumber : www.suara.com