Perbandingan Nilai Pasar Skuad Timnas Indonesia dengan Brunei Darussalam, Jauh Banget!

Perbandingan Nilai Pasar Skuad Timnas Indonesia dengan Brunei Darussalam, Jauh Banget!

snackonasmack.com – Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah memanggil 25 pemain yang akan mewakili Garuda, termasuk beberapa pemain yang berkarier di luar negeri.

Pengumuman resmi ini dibagikan melalui akun Instagram resmi @timnas.indonesia pada Selasa (3/10/2023).

Selebrasi para pemain timnas Indonesia saat kalahkan Turkmenistan (pssi.org)

Dalam daftar 25 pemain tersebut, sebagian besar adalah pemain yang sudah dikenal dengan baik oleh Shin Tae-yong.

Mereka telah menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia baik di level U-23 maupun senior sebelumnya.

Baca Juga:Asisten Shin Tae-yong Bocorkan Kriteria yang Layak Jadi Kiper Timnas Indonesia, Skill Kaki Jadi Sorotan

Dengan kehadiran sejumlah pemain bintang, terlihat bahwa nilai pasar timnas Indonesia jelas berbeda jauh dengan calon lawannya, Brunei Darussalam.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman resmi Transfermarkt.co.id, nilai pasar skuad Garuda mencapai Rp 158,17 miliar.

Sementara itu, nilai pasar skuad Brunei Darussalam hanya berkisar sekitar Rp 22,6 miliar.

Dengan kata lain, timnas Indonesia memiliki nilai pasar yang hampir 7 kali lipat lebih tinggi daripada skuad Tebuan ini.

Hal ini menunjukkan bahwa timnas Indonesia memiliki keunggulan dalam hal nilai pasar pemainnya dibandingkan dengan tim lawan, Brunei Darussalam.

Baca Juga:Wonderkid Malaysia Arif Aiman Pantas Susul Pratama Arhan, Tapi Belum Siap Ikuti Jejak Marselino Ferdinan

Harga pasar yang mencapai ratusan miliar tersebut memang sebagian besar dipengaruhi oleh pemain-pemain dalam skuad Garuda yang memiliki nilai pasar yang tinggi, terutama para pemain yang bermain di luar negeri.

Harga pasar pemain yang bermain di luar negeri cenderung jauh lebih tinggi daripada mereka yang bermain di liga domestik.

Sebagai contoh, beberapa pemain abroad timnas Indonesia memiliki nilai pasar yang mencapai di atas 300 ribu Euro, atau setara dengan sekitar 5 miliar Rupiah.

Beberapa di antaranya adalah Sandy Walsh (Rp34,76 miliar), Jordi Amat (Rp15,64 miliar), Shayne Pattynama (Rp10,43 miliar), Asnawi Mangkualam (Rp5,65 miliar), Marselino Ferdinan, dan Saddil Ramdani (Rp5,21 miliar).

Tak kalah penting, beberapa pemain yang bermain di Liga 1 juga memiliki nilai pasar yang relatif tinggi, seperti Marc Klok (Rp7,82 miliar), Rizky Ridho (Rp6,52 miliar), dan Rachmat Irianto (Rp5,65 miliar).

Dengan demikian, nilai pasar yang tinggi dari sembilan pemain termahal dalam skuad timnas Indonesia ini secara signifikan berkontribusi pada peningkatan nilai pasar total skuad Garuda.

Hal ini menjadikan timnas Indonesia memiliki harga pasar yang sangat tinggi dan menjadi favorit dalam perbandingan dengan skuad Brunei Darussalam atau tim-tim lainnya.

Timnas Indonesia, yang saat ini berada di peringkat FIFA ke-147, akan melawan Brunei Darussalam yang berada di peringkat ke-191 dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pertandingan pertama akan digelar di Palembang pada 12/10/2023, sementara leg kedua akan berlangsung di Brunei pada 17/10/2023.

Dengan perbedaan yang signifikan dalam peringkat dan kualifikasi pemain, Indonesia berharap untuk meraih kemenangan.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

#Perbandingan #Nilai #Pasar #Skuad #Timnas #Indonesia #dengan #Brunei #Darussalam #Jauh #Banget

Sumber : www.suara.com