Persaingan Sengit Bek Tengah Timnas Indonesia, Jay Idzes Siap Pusingkan Shin Tae-yong

Persaingan Sengit Bek Tengah Timnas Indonesia, Jay Idzes Siap Pusingkan Shin Tae-yong

snackonasmack.com – Pemain keturunan yang baru saja resmi menjadi WNI, Jay Idzes menyadari adanya persaingan ketat di pos bek tengah Timnas Indonesia. Dia pun siap bikin pusing pelatih Shin Tae-yong perihal pemilihan pemain terbaik untuk sektor tersebut.

Jay Idzes resmi menjadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpahnya di Gedung Kanwil Kemenkumham Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Kehadiran Jay Idzes semakin menambah persaingan sengit di lini belakang Garuda, terutama di posisi bek tengah yang sejauh ini sudah diisi banyak pemain berkualitas.

Sebelum Jay Idzes, Indonesia sudah memiliki Rizky Ridho selaku bek lokal tangguh, ditambah pemain keturunan seperti Jordi Amat, Elkan Baggott, Justin Hubner hingga Sandy Walsh yang turut bisa menempati pos tersebut.

Meski sadar akan mendapat banyak saingan, bek Venezia berusia 23 tahun itu menegaskan siap berjuang untuk merebut satu tempat di Timnas Indonesia.

Namun, terkait tampil atau tidak, Jay Idzes mengaku menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada pelatih Shin Tae-yong.

Pemain keturunan asal Belanda, Jay Idzes resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai diambil sumpahnya di kanwil Kemenkumham Jakarta, Kamis (28/12/2023). [Dok. PSSI]

“Mulai sekarang saya telah tersedia untuk (dipanggil) pelatih dan itu jadi keputusannya tentang apa yang dia ingin lakukan dan saya hanya tersedia dan terbuka untuk segalanya,” kata Jay saat konferensi pers di Kanwil Kemenkumham Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Setelah resmi dinaturalisasi, Jay Idzes kini tinggal menunggu pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) dan paspor, serta perubahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI), sebelum sah bisa memperkuat skuad Garuda.

Jay mengaku tidak sabar bisa bergabung dengan Timnas Indonesia. Meski kemungkinan itu baru terjadi pada Maret 2024 saat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sementara Piala Asia 202023 yang berlangsung Januari mendatang, Jay masih belum bisa tampil. Ini karena proses naturalisasinya baru rampung disaat pendaftaran pemain sudah ditutup.

“Saya hanya ingin bermain sesegera mungkin dan bergabung dengan tim dan sekarang kami harus melihat apa yang akan kami lakukan. Namun saya sangat senang bisa berada di sini,” pungkasnya.

Adapun Timnas Indonesia saat ini sedang melakukan persiapan di Turki untuk Piala Asia 2023. Skuad Garuda berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam di kejuaraan itu.

#Persaingan #Sengit #Bek #Tengah #Timnas #Indonesia #Jay #Idzes #Siap #Pusingkan #Shin #Taeyong

Sumber : www.suara.com