Profil Salman Ahmad Falahi, Wasit VAR di Laga Timnas Indonesia vs Jepang

Profil Salman Ahmad Falahi, Wasit VAR di Laga Timnas Indonesia vs Jepang

snackonasmack.com – Performa petugas VAR (Video Assistant Replay) di laga Timnas Indonesia vs Jepang, Salman Ahmad Falahi, patut mendapat sorotan.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2024) malam WIB, Jepang menang dengan skor 3-1.

Tiga gol Samurai Biru berasal dari brace Ayase Ueda dan gol bunuh diri Justin Hubner. Sementara gol balasan Garuda dicetak Sandy Walsh.

Beberapa keputusan wasit dan petugas VAR di laga tersebut mendapat sorotan. Salah satunya keputusan memberi penalti buat Jepang di awal babak pertama.

Awalnya Jordi Amat terlibat perebutan bola dengan Ueda, penyerang Feyenoord itu akhirnya terjatuh di kotak penalti dan wasit meniup peluit tanda pelanggaran.

Wasit tidak langsung menunjuk titik putih, ia berkonsultasi dengan petugas VAR—salah satunya Salman Ahmad Falahi— bahkan melihat tayangan ulang.

Tidak berselang lama, wasit Khamis Mohammed tetap memutuskan pelanggaran buat Jordi Amat dan penalti buat Jepang yang dikonversi menjadi gol oleh Ayase Ueda sendiri.

Faktanya menariknya, bukan kali pertama ini Salman Ahmad Falahi menjadi petugas VAR pada laga Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Sebelumnya, Salman Ahmad Falahi juga menjadi petugas VAR saat Timnas Indonesia menghadapi Irak pada laga perdana Grup D.

Dalam laga ini, Irak unggul lebih dulu lewat sepakan keras Mohanad Ali di menit 17. Timnas Indonesia sempat menyamakan kedudukan via tembakan jarak dekat Marselino Ferdinan di menit 37.

Irak mampu unggul di pengujung babak pertama usai Osama Rashid mencetak gol di menit 45+7. Namun, gol ini menjadi perbincangan karena dinilai offside.

Wasit pun sempat berkoordinasi dengan petugas VAR di laga ini yaitu Salman Ahmad Falahi asal Qatar dan Sivakorn Pu-Udom dari Thailand.

Meski terlihat jelas ada potensi offside di tayangan ulang, petugas VAR dan wasit sepakat untuk mengesahkan gol kedua Irak.

Profil Salman Ahmad Falahi

Salman Ahmad Falahi adalah wasit asal Qatar kelahiran 5 Februari 1990. Di usianya yang baru 33 tahun, ia sudah menjadi wasit dengan segudang pengalaman di level internasional.

Ia memulai kariernya sebagai wasit sejak 10 tahun lalu. Ia memulainya dengan menjadi pengadil di Liga Qatar, di tahun yang sama ia sudah memimpin laga Liga Champions Asia, Kualifikasi Piala Asia U-23, hingga Kualifikasi Piala Dunia.

Selain memimpin laga di kompetisi domestik negaranya, Salman Ahmad Falahi juga sempat diundang menjadi wasit di liga luar seperti Liga Swiss, SEA Games, hingga Saudi Pro League.

Salman Ahmad Falahi juga merupakan salah satu wasit yang bertugas di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Ia sempat menjadi wasit laga perempat final antara Kolombia U-20 vs Italia U-20.

Di Piala Asia 2023 sendiri, Salman Ahmad Falahi baru bertugas sekali menjadi wasit utama saat Yordania melawan Korea Selatan.

Selanjutnya ia sudah tiga kali menjadi petugas VAR, dua di antaranya laga Timnas indonesia dan satu lagi saat Uzbekistan melawan Suriah.

Kontributor: Aditia Rizki

#Profil #Salman #Ahmad #Falahi #Wasit #VAR #Laga #Timnas #Indonesia #Jepang

Sumber : www.suara.com