Profil Timnas Serbia, Calon Anggota Baru di ASEAN yang Bisa Ramaikan Piala AFF

Profil Timnas Serbia, Calon Anggota Baru di ASEAN yang Bisa Ramaikan Piala AFF

snackonasmack.com – Kejuaraan Piala AFF berpeluang untuk mendapatkan peserta barunya, yakni timnas Serbia, setelah negara itu memiliki niatan untuk bergabung sebagai salah satu anggota Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN).

Sebelumnya, keinginan Serbia untuk bisa bergabung ke ASEAN itu telah disampaikan oleh Perdana Menteri, Ana Brnabic, ketika berjumpa dengan Presiden Singapura, Halimah Yacob dan Menteri Pertahanan Nasional, Teo Chee Hean.

Dalam pertemuan tersebut, Ana Brnabic mendapatkan dukungan penuh dari Singapura agar Serbia bergabung dengan ASEAN. Singapura siap mendorong Serbia untuk meneken perjanjian kerja sama dan persahabatan dengan negara di Asia Tenggara.

“Dan Perdana Menteri (Brnabic) mengatakan Serbia mendapat dukungan untuk bergabung dengan ASEAN, sebagai negara yang tidak menjadi bagian dari Kawasan Asia Tenggara,” bunyi pernyataan resmi pemerintah Serbia.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Resmi Daftarkan 65 Pemain untuk Piala AFF 2022

Jika nantinya rencana Serbia untuk bergabung ASEAN benar-benar terwujud, maka kejuaraan Piala AFF bakal mendapatkan anggota atau peserta baru, yakni timnas Serbia.

Tentu saja, kehadiran timnas Serbia di ajang Piala AFF akan memberikan warna baru bagi ajang dua tahunan ini. Tak hanya itu, mereka juga berpotensi mengikuti ajang-ajang lain seperti SEA Games.

Profil Timnas Serbia

Sebagai informasi, Serbia adalah salah satu negara pecahan dari Socialist Federal Republic (SFR) Yugoslavia. Terpecahnya negara ini kemudian turut menghasilkan beberapa negara yang juga diikuti dengan pecahnya tim nasional.

Awalnya, timnas Serbia belum bisa bermain di Euro 1992 karena saat itu terkena sanksi internasional. Mereka juga harus melewatkan ajang Piala Dunia 1994 dan Euro 1996.

Baca Juga:
Cari Aman Pilih Stadion Patriot, PSSI Takut Pakai JIS di Piala AFF 2022

Setelah sanksi tersebut dicabut, Serbia akhirnya bisa berpartisipasi pada Piala Dunia 1998 dan langsung menembus babak 16 besar. Pada Euro 2000, mereka bahkan melaju hingga babak perempat final.



#Profil #Timnas #Serbia #Calon #Anggota #Baru #ASEAN #yang #Bisa #Ramaikan #Piala #AFF

Sumber : www.suara.com