Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI, Tiga Pemain Ini Segera Menyusul

Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI, Tiga Pemain Ini Segera Menyusul

snackonasmack.com – Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani sumpah dan janji setia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Sebelum resmi menjadi WNI, Shayne Pattynama telah menjalani serangkaian tahap panjang. Hal itu diawali wawancara dengan Badan Intelijen Negara (BIN) hingga akhirnya menjalani sumpah sebagai WNI.

Pesepak bola Shayne Pattynama (kiri) menjabat tangan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Selasa (24/1/2023). Atlet berdarah Maluku yang kini bermain di klub di Liga Norwegia, Viking FK tersebut diharapkan PSSI dapat menjadi andalan baru Timnas Indonesia dalam Piala Asia 2023. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Shayne kini diprediksi jalani debut bersama Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Maret 2022. Ia juga diharapkan bisa membuat performa Garuda makin hebat ketika menghadapi Piala Asia 2023.

Selain Shayne Pattynama, ada beberapa pemain yang diprediksi segera menyusul menjadi WNI. Siapa saja mereka?

Baca Juga:
Amunisi Baru Shin Tae-yong Sebelum “Tamat” dari Timnas Indonesia

Justin Hubner saat berlatih bersama Timnas Indonesia U-19 di Turki. (Dok. PSSI)
Justin Hubner saat berlatih bersama Timnas Indonesia U-19 di Turki. (Dok. PSSI)

1. Justin Hubner

Lahir di Den Bosch, Belanda, pada 14 September 2003, Hubner merupakan pemain keturunan Indonesia. Sang ayah asli orang Jakarta, Indonesia, sementara darah Belanda berasal dari sang ibu.

Hubner mulai mencuri perhatian setelah bergabung dengan akademi FC Den Bosch pada 2017. Pada Juli 208, Hubner promosi ke tim U-17 Den Bosch dan semakin menarik perhatian para pencari bakat.

Akhirnya pada Januari 2020, Hubner dipinang oleh klub asal Premier League, Wolverhampton Wanderers. Ia sempat memperkuat Belanda U-19, namun kini selangkah lagi menjadi WNI.

8 Fakta Tentan Ivar Jenner yang Tak Banyak Orang Ketahui/Twitter @PSSI
8 Fakta Tentan Ivar Jenner yang Tak Banyak Orang Ketahui/Twitter @PSSI

2. Ivar Jenner

Baca Juga:
Tinggalkan Ansan Greeners dan Gabung Jeonnam Dragons, Asnawi Mangkualam Bikin Geger Liga Korea Selatan

Pemain berusia 19 tahun yang membela Jong Utrecht ini juga dikabarkan selangkah lagi menjadi WNI. Di level internasional, Ivar Jenner tercatat pernah tampil untuk timnas U-15 Belanda.

Ivar Jenner lahir di Utrecht, Belanda, pada 10 Januari 2004. Di usia 18 tahun, Ivar Jenner sudah menjalani debutnya bersama Jong Utrecht di kompetisi kasta kedua Liga Belanda.

Pemain yang biasa bermain di posisi gelandang serang tersebut sudah masuk ke akademi sepak bola sejak usia enam tahun. Akademi pertama tempat berlatih Ivar Jenner yakni IJFC. Ia mengasah kemampuan dasar bermain sepak bola di IJFC hingga usia 10 tahun.

Pemain sayap asal Belanda keturunan Indonesia, Rafael Struick berlatih bersama Timnas Indonesia U-20 di Spanyol, Jumat (18/11/2022). [ANTARA/Twitter/@PSSI]
Pemain sayap asal Belanda keturunan Indonesia, Rafael Struick berlatih bersama Timnas Indonesia U-20 di Spanyol, Jumat (18/11/2022). [ANTARA/Twitter/@PSSI]

3. Rafael Struick

Kabar Rafael Struick bakal menjadi WNI semakin menyebar setelah ia bertemu dengan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, pada Desember 2022.

Struick sebelumnya sudah ikut menjalani pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia yang dihelat di Spanyol dan Turki. Di pemusatan latihan itu, Struick sendiri mampu mencetak gol buat Timnas Indonesia U-20.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong pun kepincut ingin menyertakan Struick ke dalam skuad Garuda Nusantara untuk menghadapi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

[Penulis: Aditia Rizki]



#Shayne #Pattynama #Resmi #Jadi #WNI #Tiga #Pemain #Ini #Segera #Menyusul

Sumber : www.suara.com