Shin Tae-yong Dipuji Habis-habisan Media Korea Hingga Bongkar Prestasi Terbesar di Dunia Pelatih

Shin Tae-yong Dipuji Habis-habisan Media Korea Hingga Bongkar Prestasi Terbesar di Dunia Pelatih

snackonasmack.com – Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan, mendapat sorotan tajam dari media Korea Selatan terkait performa Timnas Indonesia di laga uji coba menjelang Piala Asia 2023, memunculkan keraguan terhadap kapabilitasnya.

Timnas Indonesia mengalami kekalahan telak 0-4 dalam pertandingan uji coba melawan Libya pada 2 Januari 2024, menciptakan keresahan di kalangan pengamat sepakbola.

Kritik tajam mengarah kepada performa Skuad Garuda yang terlihat kebingungan dalam serangan, khususnya di lini belakang yang melakukan tiga blunder fatal yang mengakibatkan gol dari Justin Hubner dan Jordi Amat.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat sedang memimpin latihan dalam TC di Turki, Sabtu (23/12/2024). (Dok. PSSI).

Dalam uji coba kedua menghadapi Libya, Timnas Indonesia kembali menelan kekalahan 1-2, meskipun ada perbaikan dalam permainan.

Kelemahan di lini belakang, terutama blunder dari Rizky Ridho, dan kurangnya ketajaman di lini depan menjadi fokus kritis.

Meski demikian, Shin Tae-yong tetap optimistis untuk membawa Timnas Indonesia melangkah jauh di Piala Asia 2023, meskipun berada di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang, yang secara peringkat FIFA unggul jauh.

Tinjauan yang berbeda muncul dari media Korea Selatan, Sports Chosun, yang menggambarkan Shin Tae-yong sebagai pelatih yang mampu mengatasi situasi sulit.

Mereka merujuk pada “Keajaiban Kazan” di Piala Dunia 2018, di mana Korea berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 2-0, meloloskannya dari fase grup.

“Pelatih Shin selalu memberikan hasil terbaik dalam situasi terburuk,” tulis Sports Chosun.

“Sebagai pelatih kepala Korea pada tahun 2018, ia membuat sejarah dengan mengalahkan Jerman di pertandingan terakhir penyisihan grup Piala Dunia Rusia.”

Pujian juga diberikan untuk kinerja Shin Tae-yong di awal kepemimpinannya di Timnas Indonesia pada tahun 2020.

“Indonesia berhasil meraih tiket ke final setelah melalui perjalanan berat melewati babak playoff dan babak kualifikasi ketiga jelang turnamen ini,” tulis media itu lagi.

Meskipun harus berjuang keras melalui babak playoff dan kualifikasi ketiga, Timnas Indonesia berhasil meraih tiket ke Piala Asia setelah menempati urutan kedua dalam Kompetisi AFF 2020.

Dengan sejarah suksesnya, Shin Tae-yong berharap bisa mengulangi prestasi tersebut dan membawa Timnas Indonesia bersaing dengan lebih baik di panggung internasional.

#Shin #Taeyong #Dipuji #Habishabisan #Media #Korea #Hingga #Bongkar #Prestasi #Terbesar #Dunia #Pelatih

Sumber : www.suara.com