Shin Tae-yong Merasa Timnas Indonesia Punya Aura Berbeda Usai Dikalahkan Australia di Piala Asia 2023

Shin Tae-yong Merasa Timnas Indonesia Punya Aura Berbeda Usai Dikalahkan Australia di Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menerangkan anak asuhannya punya aura berbeda meski kalah 0-4 dari Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 lalu. Ia menyebut Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan percaya diri bisa bersaing.

Sebelum laga tersebut, dikatakan Shin Tae-yong bahwa pemain-pemain Timnas Indonesia sudah kena mental duluan. Tim Merah Putih selalu tidak percaya diri ketika berhadapan dengan lawan yang levelnya lebih tinggi.

Namun, kini semua mulai berubah secara perlahan. Meski pada akhirnya kalah 0-4 dari Australia, skuad Garuda membuktikan bisa bersaing di level Asia.

Baca Juga: Sering Main Bersama Bali United, Kadek Arel Akui Tak Sulit Adaptasi di Timnas Indonesia U-20

Apalagi, sebelum melawan Australia, Timnas Indonesia melawan dua negara kuat lainnya yaitu Jepang (1-3) dan Irak (1-3). Cuma Vietnam yang sukses dikalahkan Timnas Indonesia dengan hasil 1-0.

Shin Tae-yong mengatakan anak asuhannya bisa mengeluarkan kemampuan terbaik saat bertanding. Menurutnya, itu berkat kerja keras selama masa persiapan.

“Sebelumnya, para pemain Indonesia sering kali merasa tertekan dan tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka saat menghadapi tim kuat,” kata Shin Tae-yong dilansir dari Media Korea Selatan, Joongang, Kamis (1/2/2024).

“Namun, setelah bermain melawan Australia, mereka (pemain Timnas Indonesia) merasa bahwa mereka bisa bersaing,” sambung juru taktik 53 tahun itu.

Masa jabatan Shin Tae-yong di timnas Indonesia akan berakhir pada Juni 2024. Setelah tampil impresif di Piala Asia, sang pelatih tentu menarik perhatian dari berbagai tim nasional dan klub Asia lain.

Banyak penggemar sepak bola Indonesia yang menuntut agar PSSI memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Terkait ini, STY belum mau memikirkannya dan fokus menatap Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

“Saya bisa mencapai hasil yang bagus di Piala Asia berkat dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo, asosiasi sepak bola, para pemain, dan para penggemar,” ucap Shin Tae-yong.

“Saya masih pelatih timnas Indonesia. Saat ini, saya hanya memikirkan satu hal: lolos ke babak kualifikasi final Piala Dunia 2026 zona Asia,” pungkasnya.

#Shin #Taeyong #Merasa #Timnas #Indonesia #Punya #Aura #Berbeda #Usai #Dikalahkan #Australia #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com