Shin Tae-yong Singgung Psikologis Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023, Krisis Percaya Diri?

Shin Tae-yong Singgung Psikologis Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023, Krisis Percaya Diri?

snackonasmack.com – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong merasa agak khawatir menjelang Piala Asia 2023, terutama terkait kesiapan pemainnya. Shin Tae-yong singgung kondisi psikologis skuad Garuda.

Timnas Indonesia sebelumnya menghabiskan lebih dari dua pekan di Antalya untuk melakukan pemusatan latihan (TC) dengan dua laga uji coba.

Namun, hasil dari kedua laga uji coba tersebut tidak memberikan optimisme kepada penggemar Garuda, mengingat mereka kalah dari Libya dengan skor 0-4 dan 1-2.

Timnas Indonesia saat lakoni laga uji coba kontra Libya pada Jumat (05/01/2024) (pssi.org)

Dua kekalahan tersebut dianggap sebagai pembelajaran berharga bagi tim Shin Tae-yong sebelum melawan Iran di Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa kekalahan dari Libya tidak membuatnya khawatir karena tujuan utama dari laga uji coba bukanlah meraih kemenangan, melainkan menguji kebugaran fisik pemain setelah pemusatan latihan.

Meskipun telah berlatih taktik sehari sebelum laga kedua, Shin Tae-yong menyatakan bahwa fokus utamanya saat itu adalah persiapan menghadapi Irak.

“Mereka sudah bekerja keras hari ini,” katanya, mencerminkan keyakinannya terhadap performa pemain.

Namun, di balik kesan puas tersebut, Shin Tae-yong sebenarnya merasa cemas, meskipun dia tidak mengumumkannya secara terbuka di Indonesia.

Dalam wawancara eksklusif dengan media Korea Selatan Chosun Sport, Shin Tae-yong mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap peringkat FIFA rendah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Meski tidak menghiraukan peringkat tersebut, yang membuatnya gelisah adalah kurangnya kepercayaan diri psikologis para pemain saat menghadapi tim yang lebih unggul.

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa peringkat hanyalah angka dan bahwa kunci utama adalah meningkatkan kepercayaan diri pemain.

“Peringkat hanyalah sebuah angka. Itu tergantung kepercayaan diri para pemain. Saya memikirkan bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri para pemain. Jika para pemain bermain tanpa patah semangat saat menghadapi tim yang lebih baik dari kami,” kata Shin Tae-yong.

“Ada harapan bahwa kami bisa membawa hasil yang tidak terduga.”

Shin Tae-yong juga memberikan apresiasi terhadap enam hingga tujuh pemain naturalisasi yang turut serta, menyatakan bahwa mereka bermain dengan baik dalam persiapan menuju Piala Asia 2023.

#Shin #Taeyong #Singgung #Psikologis #Timnas #Indonesia #Jelang #Piala #Asia #Krisis #Percaya #Diri

Sumber : www.suara.com