Siarkan Langsung Uji Coba Timnas Indonesia vs Libya, PSSI Blunder?

Siarkan Langsung Uji Coba Timnas Indonesia vs Libya, PSSI Blunder?

snackonasmack.com – Timnas Indonesia terus mempersiapkan diri jelang Piala Asia 2023. Selain menjalani pemusatan latihan *TC) di Antalya, Turki, skuad Garuda juga dijadwalkan melahap laga uji coba.

Tim asuhan Shin Tae-yong bakal memainkan dua laga persahabatan kontra Libya di Turki. Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung pada 2 dan 5 Januari 2024.

Namun, terdapat satu hal yang mengganjal jelang laga ini. Pertandingan persahabatan tersebut bakal disiarkan langsung disalah satu stasiun televisi nasional.

Keputusan PSSI memberikan hak siar untuk dua laga kontra Libya ini di atas kertas bisa merugikan Timnas Indonesia sendiri.

Pasalnya, dengan adanya siaran langsung, lawan-lawan Timnas Indonesia jadi memiliki informasi terbaru untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan skuad Garuda sebelum Piala Asia 2023.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memimpin sesi latihan dalam TC di Antalya, Qatar. [dok. PSSI]

Timnas Indonesia diketahui jadi tim underdog pada Piala Asia 2023. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan masuk grup berat yakni Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam.

Di atas kertas, Timnas Indonesia adalah peserta Grup D dengan ranking FIFA terendah yakni 146. Sementara tiga tim lainnya menduduki 100 besar.

Bahkan, Jepang merupakan tim terbaik Asia saat ini. Mereka menduduki peringkat 17 dunia, disusul Irak di urutan 64 dan Vietnam di peringkat 94.

Melihat lawan-lawan tangguh yang akan dialami, persiapan matang jelang harus dilakukan Timnas Indonesia, tak terkecuali menutup rapat informasi terkait kekuatan dan kelemahan mereka.

Pelatih Timnas Indonesia senior, Shin Tae Yong saat memimpin latihan di Turkiye (pssi.org)
Pelatih Timnas Indonesia senior, Shin Tae Yong saat memimpin latihan di Turkiye (pssi.org)

Namun, mengingat dua laga kontra Libya bakal disiarkan langsung, upaya Shin Tae-yong untuk merahasiakan strategi untuk Piala Asia 2023 bisa terancam terbongkar.

Selain menghadapi dua laga kontra Libya, Indonesia juga dijadwalkan bakal memainkan satu laga uji coba tambahan kontra Iran. Pertandingan akan berlangsung di Doha pada 9 Januari mendatang.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar. Turnamen akbar antara negara-negara Asia ini dijadwalkan bergulir pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

#Siarkan #Langsung #Uji #Coba #Timnas #Indonesia #Libya #PSSI #Blunder

Sumber : www.suara.com