Skuad Garuda Tak Berdaya Dihabisi 0-4

Ranking FIFA Terbaru Timnas Indonesia usai Dibantai Libya

snackonasmack.com – Timnas Indonesia tak berdaya setelah dihabisi 0-4 oleh Libya dalam laga uji coba di Mardan Sports Complex, Turki, Selasa (2/1/2024) malam WIB. Tidak banyak peluang berbahaya yang bisa dijadikan gol oleh skuad Garuda.

Gol Libya dicetak oleh Ahmed Ekrawa pada menit 26 dan Omar Al Khouja menit 58, Elgelaib 84, dan Alaa Al Qajdar 90+5. Sedangkan Timnas Indonesia sedikit sekali mendapat peluang karena sulit bongkar pertahanan lawan.

Timnas Indonesia akan kembali melawan Libya pada 5 Januari mendatang. Setelah itu skuad Garuda akan bersua Iran pada 9 Januari.

Pemain Timnas Indonesia Ricky Kambuaya saat berduel dengan pemain Libya saat kedua tim berhadapan dalam laga uji coba (Dok. PSSI).

Jalannya pertandingan

Timnas Indonesia sejatinya menguasai permainan di awal-awal babak pertama. Tekanan banyak dilakukan Rafael Struick ketika laga baru berjalan meski tidak berbahaya.

Sulit menciptakan peluang bagi Timnas Indonesia pasalnya Libya bermain sangat baik. Tim asuhan Shin Tae-yong sangat berani bermain menggunakan operan dari kaki ke kaki.

Setelah beberaoa saat tertekan, Libya mencoba menekan. Justru beberapa kali mereka membahayakan gawang Garuda meski tidak ada gol tercipta.

Masuk menit ke-20, Timnas Indonesia ambil alih penguasaan bola. Operan pendek dipertontonkan meski belum membahayakan gawang Libya.

Timnas Indonesia kebobolan pada menit ke-34. Ahmed Ekrawa yang lepas dari kawalan Wahyu Prasetyo melepaskan tendangan keras tak mampu ditepis Syahrul Trisna. Skor 1-0 untuk Libya.

Selepas ketinggalan, Timnas Indonesia langsung memberikan tekanan. Bermain sabar dengan operan kaki ke kaki, Ricky Kambuaya Cs mencoba bongkar pertahanan Libya meski sulit berhasil.

Tidak ada gol sampai turun minum. Timnas Indonesia sementara tertinggal 0-1 di babak pertama.

Di babak kedua pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong hampir mengganti seluruh pemainnya yang tampil di paruh pertama. Tinggal Syahrul Trisna saja yang belum diganti oleh juru formasi asal Korea Selatan itu.

Pergantian yang dilakukan STY bisa dibilang efektif. Justin Hubner Cs mampu memberikan tekanan ke gawang Libya.

Timnas Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-57. Lemahnya lini belakang tim Merah Putih dimanfaatkan dengan baik oleh Libya.

Justin Hubner yang melakukan blunder diterima oleh Omar Al Khoja. Mendapat bola liar, Omar langsung memasukkan bola ke dalam gawang Syahrul Trisna. Skor 2-0 untuk Libya.

Memasuki menit ke-65 Timnas Indonesia pegang kendali permainan. Skuad Garuda kelihatan sekali menyerang habis-habisan pertahanan Libya.

Namun memang belum ada peluang berbahaya. Ramadhan Sananta dan kawan-kawan masih kesulitan bongkar pertahanan lawan.

Timnas Indonesia masih belum bisa mencetak gol sampai dengan menit ke-80. Skuad Garuda masih menguasai permainan, namun sulit mendapatkan peluang berbahaya.

Asik menyerang Timnas Indonesia malah kebobolan pada menit ke-88. Berawal dari blunder Justin Hubner, Elgelaib melepaskan tendangan keras ke gawang Syahrul Trisna. Skor kini 3-0 untuk Libya.

Timnas Indonesia kembali kebobolan di menit-menit akhir. Tendangan jarak jauh dari tengah lapangan pemain Libya masuk ke dalam gawang Syahrul Trisna.

Setelah berusaha tidak ada lagi gol tercipta sampai peluit tanda akhir pertandingan. Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Libya 0-4.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-3-3): Syahrul Trisna; Yakob Sayuri, Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rafael Struick; Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan, Saddil Ramdani.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Libya (4-4-2): Murad Alwuheeshi; Ali Almusrati, Osamah Alsureet, Ahmed Fakrounshaalah, Osama Elsharimi; Daniel Elfadli, Omar Alkhoja, Elmahdi Elkout, Fadel Mansour; Mohamed Tubal, Ahmed Ekrawa.

Pelatih: Sredojevic Milutin.

#Skuad #Garuda #Tak #Berdaya #Dihabisi

Sumber : www.suara.com