Super Krusial, Timnas Indonesia Haram Kalah di Laga Perdana Piala Asia 2023 Lawan Irak

Head to Head, Susunan Pemain dan Skor

snackonasmack.com – Laga perdana Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar melawan disebut sangat krusial. Amat vital bagi skuad Garuda untuk tidak kalah demi menjaga kans lolos ke babak 16 besar, setidaknya lewat jalur salah satu peringkat tiga terbaik di fase grup.

Timnas Indonesia akan membuka kampanye mereka di Grup D Piala Asia 2023 dengan menghadapi Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, pada 15 Januari 2024 nanti.

Empat hari berselang, giliran Vietnam yang akan jadi lawan Timnas Indonesia. Kampanye Grup D skuad Garuda pun akan ditutup dengan pertandingan lawan Jepang pada 24 Januari.   

Pandit senior sepak bola Indonesia, Ronny Pangemanan menilai Timnas Indonesia wajib tidak kehilangan poin di laga perdana lawan Irak.

Andai kalah, pria yang akrab disapa Bung Ropan itu meyakini kans lolos skuad Garuda ke fase gugur alias ke babak 16 besar Piala Asia Qatar akan sangat berat.

“Pelatih (Timnas Indonesia) Shin Tae-yong telah mengatakan jika target kita adalah lolos 16 besar. Jika memang begitu, paling tidak dapat satu poin lawan Irak. Jangan sampai kalah, itu kuncinya. Terserah bagaimana caranya, meski kita harus main ultra defensif sekali pun,” ucap Ropan di kanal YouTube pribadinya.

“Kalau kita kalah, (peluang Timnas Indonesia) akan pupus. Saya meyakini akan sulit untuk bisa mencapai babak 16 besar, kalau tak mau dibilang tidak mungkin,” sambungnya.

“Jangan dulu melihat Vietnam dan Jepang. Fokus pada laga awal.”

Menurut Ropan, jika ingin peluang lolos ke babak 16 besar terbuka, Timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong harus meraih empat poin.

Dengan raihan empat poin, skuad Garuda bisa lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

“Kita wajib menang lawan Vietnam, itu tak bisa ditawar. Tapi, dengan catatan kita dapat hasil positif (pada laga kontra Irak). Karenanya, untuk menuju babak 16 besar, kita tidak boleh kalah lawan Irak,” tegas Ropan.

Bicara mengambil poin dari Irak, bisa dipastikan ini akan jadi tugas yang sangat sult buat Timnas Indonesia.

Pasalnya, skuad Garuda dibantai 1-5 saat tandang ke markas Irak pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia belum lama ini, yakni pada pertengahan November 2023 lalu.

Pada laga yang digelar di Stadion Internasional Basra tersebut, cukup jelas terlihat perbedaan kualitas kedua tim.

#Super #Krusial #Timnas #Indonesia #Haram #Kalah #Laga #Perdana #Piala #Asia #Lawan #Irak

Sumber : www.suara.com