Superkomputer Prediksi Peluang Juara Timnas Indonesia Cuma 0,2 Persen

Pandit Inggris Bahas Persaingan Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Punya Kans Lolos 16 Besar?

snackonasmack.com – Opta, penyedia statistik olahraga termasuk sepak bola, memprediksi calon juara Piala Asia 2023 menggunakan superkomputer. Hasilnya, Jepang jadi unggulan dengan Timnas Indonesia dinilai hampir mustahil untuk menggapainya.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Turnamen akbar ini akan diikuti 24 peserta termasuk skuad Garuda.

Duel tuan rumah Qatar menghadapi Lebanon di Grup A pada 12 Januari akan menjadi awal dari 51 pertandingan menarik yang bakal tersaji di Piala Asia 2023.

Qatar merupakan juara bertahan setelah mengalahkan Jepang di final edisi 2019. Nama terakhir dinilai membawa tekanan hebat karena target utamanya untuk menebus kegagalan edisi lalu.

Jepang, yang dikapteni oleh gelandang Liverpool Wataru Endo, dianggap sebagai favorit untuk memenangkan turnamen menurut model prediktif superkomputer Opta.

Starting line-up timnas Jepang saat melawan Suriah pada 21 November 2023 lalu. Artikel ini sajikan Profil Tim Piala Asia 2023: Jepang, Misi Samurai Biru Mengembalikan Reputasi (X atau Twitter/@jfa_samuraiblue)

Tim berjuluk Samurai Biru itu datang ke Piala Asia 2023 dengan kepercayaan diri tinggi. Selain tampil apik dalam berbagai laga uji coba, mereka membawa dua modal berharga usai tampil apik di Piala Dunia 2022 yang melibatkan kemenangan hebat di fase grup kontra Jerman dan Spanyol.

Di Piala Asia, Jepang juga punya catatan impresif. Mereka mencapai final dalam lima dari sembilan penampilan mereka.

Dalam periode itu, Jepang berhasil meraih empat gelar juara yang hingga kini masih menjadi rekor kompetisi.

Opta menilai Jepang mempunyai peluang menjadi juara Piala Asia 2023 sebesar 24,6 persen. Di bawah mereka, terdapat Korea Selatan, Iran, Australia, Arab Saudi dan tuan rumah Qatar.

Korea Selatan dianggap cuma berpeluang 14,3 persen menjadi juara, diikuti Iran (11,2%), Australia (10,7%), Arab Saudi (10,6%) dan Qatar (9,8%).

Sementara khusus Timnas Indonesia, Opta cuma memberikan skuad Garuda peluang juara sebesar 0,2 persen alias hampir mustahil. Peluang itu sama besar dengan yang didapatkan Kirgistan dan Malaysia, dan cuma lebih baik dari Hong Kong (0,1%).

Prediksi Superkomputer Opta Terkait Juara Piala Asia 2023

Prediksi juara Piala Asia 2023 berdasarkan analisis superkomputer Opta. [Opta]
Prediksi juara Piala Asia 2023 berdasarkan analisis superkomputer Opta. [Opta]

#Superkomputer #Prediksi #Peluang #Juara #Timnas #Indonesia #Cuma #Persen

Sumber : www.suara.com