Suriah Bungkam India, Peluang Timnas Indonesia Ukir Sejarah di Piala Asia 2023 Sebelum Lawan Jepang Masih Terbuka

Suriah Bungkam India, Peluang Timnas Indonesia Ukir Sejarah di Piala Asia 2023 Sebelum Lawan Jepang Masih Terbuka

snackonasmack.com – Laga pamungkas Grup B Piala Asia 2023 telah digelar, Selasa (23/1/2024), dan peluang Timnas Indonesia untuk menyegel satu tempat di babak 16 besar sebelum matchday ketiga kontra Jepang masih terbuka.

Seperti diberitakan sebelumnya, Timnas Indonesia akan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 meski belum melakoni matchday ketiga apabila salah satu dari dua pertandingan di Grup B dan C berakhir imbang, yaitu laga Suriah vs India dan Hong Kong vs Palestina.

Baca Juga: Masih Puyeng Mau Lawan Jepang, Timnas Indonesia Ditunggu 3 Negara Ini Jika Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Para pemain Timnas Indonesia melakoni latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar jelang menghdapi Jepang di lanjutan Piala Asia 2023. [ANTARA FOTO/Yusran Uccang]

Matchday ketiga Grup B digelar bersamaan pada Selasa pukul 18.30 WIB. Hasilnya, Australia dan Uzbekistan bermain imbang 1-1 dan Suriah mengalahkan India 1-0.

Dengan hasil tersebut, Australia (7 poin) dan Uzbekistan (5 poin) berhak mewakili Grup B di babak 16 besar. Sedangkan Suriah yang mengantongi empat poin dari tiga pertandingan pun berhak ke fase gugur lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Saat ini, Suriah berada di puncak klasemen sementara peringkat terbaik dengan empat poin. Diikuti Bahrain (3 poin) di posisi dua dan Indonesia (3 poin) di tempat ketiga. Di slot keempat ada China dengan dua poin.

Selain tim-tim di atas, Oman dan Palestina juga masih berpeluang untuk beranjak posisi dan ikut meraih satu dari empat slot peringkat tiga terbaik untuk ke fase gugur.

Dua tim yang berpeluang digusur Oman dan Palestina adalah Indonesia dan China. Dengan kata lain Oman harus menang atas Kyrgiztan di laga terakhir Grup F dan Palestina harus mengalahkan Hong Kong di laga pamungkas Grup C yang digelar malam ini pukul 22.00 WIB.

Namun, yang paling menentukan bagi Indonesia adalah hasil Palestina. Jika Palestina bermain imbang kontra Hong Kong, maka Indonesia dipastikan akan mengukir sejarah baru dengan lolos ke fase gugur Piala Asia.

Akan tetapi jika skenario di atas tidak terwujud alias Palestina berhasil mengalahkan Hong Kong, bukan berarti Indonesia tidak akan lolos ke 16 besar.

Masih ada skenario lain bagi Asnawi Mangkualam cs untuk mengukir sejarah baru di ajang Piala Asia bagi Indonesia, yaitu mengalahkan Samurai Biru di matchday ketiga Grup D yang akan digelar di Al Thumama Stadium, Rabu (24/1/2024).

Klasemen urutan tiga piala asia 2023 terbaru. [Tangkapan Layar Wikipedia]
Klasemen urutan tiga piala asia 2023 terbaru. [Tangkapan Layar Wikipedia]

#Suriah #Bungkam #India #Peluang #Timnas #Indonesia #Ukir #Sejarah #Piala #Asia #Sebelum #Lawan #Jepang #Masih #Terbuka

Sumber : www.suara.com