Tak Mudah Pegang Timnas Indonesia, Dia Bangun Pondasi

2 Komentar Menarik Pelatih Timnas Korea Selatan U-17 Terkait Shin Tae-yong

snackonasmack.com – Coach Justin, pengamat sepabola, menyuarakan harapannya agar Shin Tae-yong tetap menjadi pelatih Timnas Indonesia, tanpa menghiraukan hasil yang akan diperoleh pada Piala Asia 2023 mendatang.

Dalam sebuah acara siaran bersama Hasani Abdulgani, mantan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Coach Justin menyatakan pandangannya terhadap kinerja Shin.

Menanggapi pertanyaan apakah Shin seharusnya mendapatkan kontrak jangka panjang atau PSSI segera mencari pelatih baru, Coach Justin dengan tegas menyatakan bahwa Shin harus dipertahankan.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat konferensi pers jelang laga menghadapi Filipina di matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (21/11/2023). (Dok. PSSI).

Meski hasil minor dalam dua pertandingan terakhir, Coach Justin meyakini bahwa penilaian terhadap Shin tidak dapat hanya berdasarkan hasil pertandingan.

Menurutnya, Shin telah berhasil membangun fondasi yang kuat di Timnas Indonesia dan telah menyatu dengan budaya Indonesia, sehingga tidak ada alasan bagi PSSI untuk menggantinya dalam waktu dekat.

“Harus dipertahankan. Tak gampang untuk pegang tim seperti Indonesia yang kualitasnya di Asia Tenggara saja pas-pasan. Dia sudah membuktikan dan juga sudah membangun pondasi yang luar biasa, ini harus diteruskan,” ungkap Coach Justin dalam wawancara di kanal YouTube Hasani’s Corner.

Dalam waktu satu bulan ke depan, Shin Tae-yong akan menghadapi periode penilaian terkait pekerjaannya sebagai pelatih.

Kontraknya bersama Timnas Indonesia dijadwalkan berakhir pada Desember 2023.

Namun kabarnya, Shin Tae-yong dan PSSI telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang kerjasama hingga Juni 2024.

Dengan perpanjangan kontrak jangka pendek tersebut, Shin akan mengemban tugas pada beberapa turnamen penting.

Termasuk Piala Asia 2023, Piala Asia U-23 2023, dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Yang paling mendekat adalah Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar dari 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Meskipun Timnas Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae-yong mengalami kendala pada awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dengan hanya meraih satu poin dari dua pertandingan melawan Irak dan Filipina, pandangan kritis muncul dari berbagai pihak, termasuk Coach Justin.

#Tak #Mudah #Pegang #Timnas #Indonesia #Dia #Bangun #Pondasi

Sumber : www.suara.com