Takut Ketemu Korsel, Shin Tae-yong Lebih Pilih Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia via Jalur Peringkat Tiga

Takut Ketemu Korsel, Shin Tae-yong Lebih Pilih Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia via Jalur Peringkat Tiga

snackonasmack.com – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku lebih memilih timnya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dari jalur peringkat ketiga terbaik. Via jalur itu, kans skuad Garuda berjumpa Korea Selatan (Korsel), negara asal Shin Tae-yong, sangat kecil.

Piala Asia 2023 siap bergulir di Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Meski berada di grup yang sangat berat, Shin Tae-yong tetap menargetkan Timnas Indonesia bisa melangkah ke babak 16 besar.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)

Nah, di babak ini ada kans Timnas Indonesia berjumpa dengan Timnas Korea Selatan.

Adapun Son Heung-min dan kawan-kawan berada di Grup E Piala Asia 2023 bersama Malaysia, Yordania, dan Bahrain. Melihat persaingan yang ada, Korsel sebagai salah satu favorit juara Piala Asia diyakini bisa lolos ke babak 16 besar.

Enam juara grup Piala Asia 2023 akan lolos bersama enam runner-up grup ke babak 16 besar. Empat peringkat ketiga terbaik dari enam grup akan melengkapi fase gugur turnamen di Qatar ini.

Nah, pertarungan Timnas Indonesia melawan negara asal Shin Tae-yong bisa terjadi dalam beberapa skema. Pertama, Korsel lolos sebagai juara grup, sedang Timnas Indonesia runner-up.

Lalu, Timnas Indonesia jadi juara Grup D, sementara Korsel lolos dari jalur peringkat tiga terbaik. Untuk skema ini sangat kecil peluangnya, dengan bisa dibilang peluang terbaik dan paling realitis Timnas Indonesia lolos memang lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Shin Tae-yong sendiri berkeyakinan bahwa negara asalnya akan memuncaki klasemen Grup E.

Mengakui superioritas Korsel, Shin Tae-yong lebih suka Timnas Indonesia lolos 16 besar sebagai salah satu peringkat tiga terbaik fase grup, daripada harus melawan negaranya gara-gara Timnas Indonesia finis sebagai runner-up Grup D.

Berandai-andai Timnas Indonesia bisa lolos, Shin Tae-yong menyebut akan sangat sulit bagi skuad Garuda menang melawan Korsel di babak 16 besar nanti.

“Saya lebih suka (Timnas Indonesia) lolos ke babak 16 besar di posisi ketiga daripada di posisi kedua. Secara realistis, kemungkinan kami menang melawan Korea Selatan di babak 16 besar sangat kecil,” papar Shin Tae-yong kepada media Korsel, Sports Seoul, Rabu (10/1/2024).

Penyerang Timnas Korea Selatan, Son Heung-min. [JUNG YEON-JE / AFP]
Penyerang Timnas Korea Selatan, Son Heung-min. [JUNG YEON-JE / AFP]

“Jika kami finis di posisi ketiga, kami memiliki peluang yang lebih baik. Ini akan lebih mudah daripada melawan Korea Selatan,” sambung pelatih yang merupakan pelatih Korsel di Piala Dunia 2018 tersebut.

Shin Tae-yong sendiri menyatakan bahwa Timnas Indonesia telah mempersiapkan diri dengan baik untuk Piala Asia 2023.

Ia yakin bahwa anak asuhannya bisa lolos ke babak 16 besar, meski pada kenyataannya skuad Garuda selalu kalah dalam laga uji coba sebelum turnamen; 0-4 dan 1-2  lawan Libya serta 0-5 lawan Iran. 

“Kami telah mempersiapkan diri dengan baik untuk Piala Asia 2023. Kami akan berusaha keras untuk lolos ke babak 16 besar,” sesumbar Shin Tae-yong.

“Kami juga akan berusaha untuk menang di setiap pertandingan,” koar pelatih juara Liga Champions Asia saat menukangi klub Korsel, Seongnam Ilhwa Chunma pada 2010 silam tersebut.

#Takut #Ketemu #Korsel #Shin #Taeyong #Lebih #Pilih #Timnas #Indonesia #Lolos #Besar #Piala #Asia #Jalur #Peringkat #Tiga

Sumber : www.suara.com