Theerathon Bunmathan Kawinkan Gelar, Ini Daftar Peraih Penghargaan Piala AFF 2022

Theerathon Bunmathan Kawinkan Gelar, Ini Daftar Peraih Penghargaan Piala AFF 2022

snackonasmack.com – Thailand sukses rengkuh gelar Piala AFF 2022 usai mengalahkan Vietnam di partai final dan sang kapten tim berjuluk Gajah Perang Theerathon Bunmathan terpilih sebagai pemain terbaik di turnamen ini.

Thailand berhasil menjuarai Piala AFF 2022 setelah memetik kemenangan tipis 1-0 saat menjamu Vietnam di partai final leg kedua yang digelar di Thammasat Stadium, Bangkok, Senin (16/1/2023).

Tim sepak bola Thailand melakukan selebrasi juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam dalam pertandingan leg kedua final di Stadion Thammasat di Bangkok pada 16 Januari 2023.Lillian SUWANRUMPHA/AFP.

Dengan kemenangan tipis tersebut, Thailand yang bermain imbang 2-2 di leg pertama, berhak atas gelar tim terbaik di Asia Tenggara.

Dalam laga tersebut, gol tunggal kemenangan Thailand dicetak oleh Theerathon Bunmathan. Menariknya, ini menjadi gol pertama dan terakhir Theerathon di ajang Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Curhat Timnas Kurang ‘Jam Terbang’ Sebelum Piala AFF 2022: Sulit Pertahankan Sense of Game

Meski demikian, ia dua kali naik podium. Yaitu saat menerima penghargaan sebagai pemain terbaik turnamen dan ketika mengangkat trofi Piala AFF.

Theerathon Memang Pantas Diganjar Penghargaan Pemain Terbaik

Di sepanjang gelaran Piala AFF 2022, Theerathon tercatat bermain di delapan pertandingan, di mana ia membuka 30 peluang bagi timnya.

Pemain berusia 32 tahun itu juga membukukan enam assist. Jumlah assist terbanyak di Piala AFF kali ini.

Selain itu, berdasarkan statistik yang dikutip dari laman resmi AFF, pemain senior di kubu Gajah Perang tersebut melepaskan 697 passing dengan 572 di antaranya sukses, 65 kali umpan lambung, 10 intersep dan 10 kali tekel bersih ke kaki lawan.

Baca Juga:
Momen Theerathon Bunmathan Selebrasi ala Ronaldo dan Messi, Bikin Pelatih Vietnam Murka

“Target kami sejak awal adalah menjadi juara Piala AFF seperti tahun lalu,” kata Theerathon dikutip dari Soha VN.

“Banyak pemain yang tidak bisa ikut Piala AFF 2022, tapi kami tetap mencoba melakukan yang terbaik,” sambungnya dikutip dari Soha VN.

“Tentang gelar pemain terbaik, saya ingin berterima kasih kepada rekan satu tim saya, pelatih, dan fans yang terus memberikan dukungan dan motivasi di sepanjang Piala AFF 2022,” pungkasnya.

Penyerang Timnas Thailand, Teerasil Dangda. [Roslan RAHMAN / AFP]
Penyerang Timnas Thailand, Teerasil Dangda. [Roslan RAHMAN / AFP]

Sepatu Emas Milik Teerasil Dangda

Selain gelar pemain terbaik, penghargaan top skor Piala AFF 2022 juga jatuh ke tangan pemain Thailand, Teerasil Dangda.

Mengemas enam gol di sepanjang turnamen, striker berusia 34 tahun itu berhak atas sepatu emas.

Gelar Piala AFF 2022 menjadi gelar ketujuh Thailand di ajang ini. Gelar tahun ini juga merupakan gelar back to back setelah di edisi sebelumnya tim besutan Alexandre Polking juga keluar sebagai juara usai mengalahkan Timnas Indonesia di final.

Ini juga bukan kali pertama Gajah Perang mengukir prestasi back to back kampiun Piala AFF. Sebelumnya mereka menorehkan prestasi yang serupa di edisi 2000 – 2022 dan 2014 – 2016.



#Theerathon #Bunmathan #Kawinkan #Gelar #Ini #Daftar #Peraih #Penghargaan #Piala #AFF

Sumber : www.suara.com