Timnas Indonesia Bidik Lolos 16 Besar Piala Asia, Shin Tae-yong Nantikan Perjumpaan dengan Korsel

Shin Tae-yong Kasih Sinyal, Timnas Indonesia Mantap Usung Patron 3-4-2-1 ke Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Belum lama ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengemukakan targetnya untuk membawa skuad Garuda bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Kini, STY bicara peluang Timnas Indonesia jumpa dengan negara asalnya, Korea Selatan (Korsel).

Shin Tae-yong, yang pernah memimpin negerinya tampil di Piala Dunia 2018 sebagai pelatih, menerka peluang Timnas Indonesia jumpa Korsel di babak 16 besar Piala Asia 2023, turnamen yang akan bergulir di Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024 nanti di Qatar. 

“Target Indonesia di Piala Asia adalah kami akan mencoba mencapai babak 16 besar. Kami harus melakukannya,” kata Shin Tae-yong dikutip dari media Korsel, Chosun, Senin (8/1/2024).

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)

“Kami akan berada di Piala Asia, saya pikir itu bagus jika saya bisa keluar dan berkontribusi pada perkembangan sepak bola Indonesia,” sambung pelatih berusia 53 tahun itu.

Timnas Indonesia memang berpeluang berjumpa Korea Selatan pada babak 16 besar bila bisa finis di posisi kedua Grup D Piala Asia 2023.

Namun, finis runner-up jelas akan jadi tugas berat buat skuad Garuda mengingat Grup D Piala Asia 2023 dihuni tim-tim elite Asia macam Jepang, Irak, hingga Vietnam.

“Kami mungkin akan bertemu Korea di babak 16 besar. Bisa atau tidak, tergantung dari hasil grup. Jika kami berada di posisi kedua (dengan asumsi Korsel) memuncaki Grup E), kami bisa bertemu mereka,” celoteh Shin Tae-yong.

“Jika kami berada di posisi ketiga (lolos lewat jalur salah satu peringkat tiga terbaik di fase grup), mungkin akan sulit. Untuk saat ini, kami fokus pada putaran pertama babak penyisihan grup,” tegasnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Iran pada uji coba terakhir jelang turnamen Piala Asia 2023. Laga akan digelar di Doha, Qatar, pada Selasa (9/1/2024).

Sementara lawan pertama skuad Garuda di Grup D Piala Asia 2023 adalah Irak. Duel Timnas Indonesia vs Irak akan diselenggarakan di Stadion Ahmed bin Ali di Kota Al Rayyan, Qatar pada 15 Januari 2024.

#Timnas #Indonesia #Bidik #Lolos #Besar #Piala #Asia #Shin #Taeyong #Nantikan #Perjumpaan #dengan #Korsel

Sumber : www.suara.com