Timnas Indonesia Samai Prestasi Edisi 2007

3 Skenario Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 usai Dibungkam Jepang

snackonasmack.com – Timnas Indonesia merampungkan kiprahnya di Grup D Piala Asia 2023 dengan kekalahan 1-3 lawan Jepang pada laga matchday 3 yang digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia dipastikan gagal merebut posisi runner-up Grup D Piala Asia 2023 usai kekalahan lawan Jepang ini.

Tiga gol Jepang dicetak oleh Ayase Ueda pada menit keenam dan ke-52′ serta gol bunuh diri Justin Hubner (88′). Sedangkan gol konsolasi skuad Garuda dicetak Sandy Walsh (90+1′).

BACA JUGA: Deretan Blunder Konyol Jordi Amat Bersama Timnas Indonesia, Makin Doyan Bikin Kesalahan Elementer

Dengan hasil ini, Jepang memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 usai finis kedua di Grup D dengan 6 poin, menemani Irak yang sejak matchday kedua lolos sebagai juara grup.

Irak sendiri jadi juara Grup D dengan mengoleksi 9 poin, usai pada laga terakhir melawan Vietnam yang dimainkan bersamaan malam ini menang 3-2 atas Vietnam.

Kabar baiknya, kekalahan dari Jepang tak membuat Timnas Indonesia langsung gugur dari Piala Asia 2023. Sebab, tim Merah Putih masih memiliki harapan lolos lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Hanya saja, kekalahan 1-3 dari Jepang membuat kondisi Timnas Indonesia tidak nyaman dalam klasemen peringkat tiga terbaik fase grup Piala Asia 2023. Sebab, saat ini Garuda bertengger di posisi keempat dengan 3 poin dan selisih gol -3.

Kini, nasib Timnas Indonesia tergantung dari hasil Grup E dan Grup F. Amannya, Timnas Indonesia bisa lolos andai laga Grup F antara Kirgistan vs Oman berakhir imbang.

Jika skenario itu terjadi, maka Garuda pun akan lolos ke 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

BACA JUGA: Ironi Hulk yang Moncer di Liga 1, Kalah Bersaing dengan ‘Raja Blunder’ Jordi Amat di Timnas Indonesia

Jadi, harapan itu masih ada. Timnas Indonesia tinggal menunggu hasil laga pamungkas Grup E dan Grup F yang akan berlangsung pada Kamis (25/1/2024) besok.

Timnas Indonesia sendiri menyamai pencapaian di Piala Asia edisi 2007 silam dengan finis ketiga di babak penyisihan grup.

Finis ketiga di edisi 2007 dan 2023, sebelumnya skuad Garuda hanya bisa jadi juru kunci alias finis keempat di grup mereka pada edisi 1996, 2000 dan 2004.

Klasemen Akhir Grup D Piala Asia 2023:

#Timnas #Indonesia #Samai #Prestasi #Edisi

Sumber : www.suara.com