Timnas Indonesia U-20 akan Gunakan 6 Pemain Keturunan di Piala Dunia U-20 2023, Siapa Saja?

Rafael Struick Ketagihan Memperkuat Timnas Indonesia U-20

snackonasmack.com – Timnas Indonesia U-20 kemungkinan bakal menggunakan enam pemain keturunan di Piala Dunia U-20 2023. Hal itu disampaikan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Yoyok Sukawi.

Saat ini, tim asuhan Shin Tae-yong telah diperkuat empat pemain keturunan Belanda yakni Ivar Jenner, Justin Hubner, Zico Soree, dan Rafael Struick.

Mereka semua turut mengikuti pemusatan latihan (TC) di Eropa. Justin dan Ivar telah memperkuat Garuda Nusantara sejak di Turki, sementara Rafael dan Zico bergabung saat tim mulai berlatih di Spanyol.

Dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ivar Jenner (kiri) dan Justin Hubner mengunjungi kantor PSSI di Jakarta, Senin (24/10/2022). [dok. PSSI]

Khusus Ivar Jenner dan Justin Hubner, keduanya sudah mendapat lampu hijau Shin Tae-yong untuk menjalani proses naturalisasi. Sementara Rafael Struick dan Zico Soree masih dalam pemantauan.

Baca Juga:
Sosok Mohammed Waad Al-Bayati, Pemain Qatar di Piala Dunia 2022 Pernah Bobol Gawang Timnas Indonesia U-20

Yoyok Sukawi menjelaskan bahwa akan ada dua pemain keturunan lainnya yang bakal bergabung dengan Timnas Indonesia U-20. PSSI saat ini masih melakukan proses penjajakan kepada mereka.

“Kemarin kan ada empat pemain nah terbaru mau menambah dua lagi, jadi totalnya enam pemain keturunan,” kata Yoyok Sukawi saat bincang dengan awak media di Fx, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Pemain keturunan, Rafael Struick dan Zico Soree yang gabung TC timnas Indonesia U-20. (Twitter/@FT_IDN)
Pemain keturunan, Rafael Struick dan Zico Soree yang gabung TC timnas Indonesia U-20. (Twitter/@FT_IDN)

“Tapi mudah-mudahan yang dua ini mau karena masih proses orangnya mau apa tidak,” tambahnya.

Seperti diketahui, proyek naturalisasi ini merupakan permintaan langsung Shin Tae-yong sebagai salah satu cara memperkuat Timnas Indonesia dengan waktu relatif singkat.

Pasalnya, Garuda Nusantara tahun depan bakal menghadapi dua agenda besar yakni Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan serta Piala Dunia U-20 2023 di mana Indonesia adalah tuan rumahnya.

Baca Juga:
Catat! Malam Ini Timnas Indonesia U-20 Uji Coba Melawan Tim Lokal Spanyol

“Dari tim teknik PSSI, kalau Indonesia mau bersaing di Piala Dunia U-20 2023 harus banyak pemain keturunan,” terang Yoyok Sukawi.

“Kami memang sedang genjot ke sana dan meminta pemain itu kualitasnya harus di atas dan benar-benar bagus,” pungkasnya.



#Timnas #Indonesia #U20 #akan #Gunakan #Pemain #Keturunan #Piala #Dunia #U20 #Siapa #Saja

Sumber : www.suara.com