Turun di Babak Kedua Saat Timnas Indonesia Dibantai Iran, Asnawi Mangkualam dalam Kondisi Tidak Fit

Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Disorot AFC Jelang Piala Asia 2023

snackonasmack.com – Misteri menghilangnya kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam di dua laga uji coba melawan Libya akhirnya terungkap. Ia baru muncul dalam laga melawan Iran setelah sebelumnya fokus rehabilitasi otot.

Hal ini seperti disampaikan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Ia menjelaskan eks PSM Makassar itu baru bisa bertanding dalam laga melawan Iran, itu pun tidak lama.

Sebelumnya, Asnawi tidak terlihat saat Timnas Indonesia kalah melawan Libya dalam uji coba yang yang berlangsung dua kali pada 2 dan 5 Januari. Dalam pertandingan itu skuad Garuda kalah 0-4 dan 1-2.

Bek sayap Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam (kiri). [BAY ISMOYO / AFP]

Asnawi hadir saat Timnas Indonesia dibantai Iran 0-5 dalam pertandingan yang berlangsung di Al Rayyan Sports Club, Doha, Qatar, Selasa (9/1/2024). Itu pun sang pemain turun di babak kedua.

Shin Tae-yong mengaku sengaja memainkan Asnawi di babak kedua. Itu buat melihat kondisi sang pemain sudah berkembang sejauh mana.

“Untuk Asnawi memang sebelumnya ada masalah otot, jadi fokus rehabilitasi selama ini, dan emmang hanya dimainkan 20-30 menitan untuk cek kondsi Asnawi seperti apa,” kata Shin Tae-yong dalam keterangan video seperti diterima snackonasmack.com, Rabu (10/1/2024).

Oleh karena itu ban kapten diberikan kepada Jordi Amat. Shin Tae-yong menjebut Jordi adalah wakil kapten Timnas Indonesia.

“Jadi di awal pertandingan Asnawi tidak bisa main sebagai kapten, mana dari itu wakil kapten, Jordi yang jadi kapten hari ini, ” tambahnya.

Ini merupakan kekalahan ketiga Timnas Indonesia dalam uji coba jelang Piala Asia 2023. Sebelumnya, tim Merah Putih kalah dua kali melawan Libya dengan skor 0-4 dan 1-2.

Berikutnya, Timnas Indonesia akan berjuang di Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 12 Januari – 10 Februari 2024. Tim Merah Putih berada di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

#Turun #Babak #Kedua #Saat #Timnas #Indonesia #Dibantai #Iran #Asnawi #Mangkualam #dalam #Kondisi #Tidak #Fit

Sumber : www.suara.com